SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Materi Belajar Paket Aplikasi Sekolah (PAS) Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Kualifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMA di Kabupaten Kediri

Ario Setyo Anggoro

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Setyo Anggoro, Ario. 2011. Pengembangan Materi Belajar Paket Aplikasi Sekolah (PAS) Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Kualifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMA di Kabupaten Kediri. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Tri Atmadji Sutikno, M.Pd. (2) Ahmad Fahmi, S.T.,M.T.

 

Kata kunci: pengembangan sumber belajar, Paket Aplikasi Sekolah (PAS), e-learning, pendidikan jarak jauh.

 

Permendiknas No.19Th. 2007 menerangkan mengenai standar pengelolaan untuk satuan pendidikan memiliki dan mengelola sistem informasi manajemen yang memadai untuk mendukung administrasi pendidikan yang efektif, efisien dan akuntabel. Gagasan untuk membangun PAS-SMA dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas manajemen pendidikan yang dijalankan setiap SMA se-Indonesia. Keterbatasan ruang dan waktu menjadi kendala utama bagi pemahaman PAS. Untuk mengatasi hal tersebut, pendidikan dapat memanfaatkan salah satu teknologi jaringan belajar yang disebut teknologi pendidikan jarak jauh (PJJ) sebagai alternatif dalam bentuk e-learning.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) tersedianya sumber belajar yang tersusun dengan materi sumber belajar dengan materi Paket Aplikasi Sekolah (PAS) untuk pembelajaran jarak jauh, (2) mengukur kelayakan sumber belajar dengan materi Paket Aplikasi Sekolah (PAS) untuk dipakai dalam meningkatkan kualifikasi tenaga pendidik dan kependidikan SMA di Kabupaten Kediri. Model pengembangan sadiman yang disesuaikan dengan pengembangan sumber belajar berbasis e-learning yang terdiri dari 7 tahap yaitu: (1) menganalisis kebutuhan dan kareteristik peserta, (2) perumusan tujuan instruksional (instructional objective) dengan operasional dan khas, (3) merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan, (4) mengembangkan alat pengukur keberhasilan, (5) menulis naskah media, (6) mengadakan tes dan revisi, (7) produksi akhir.

Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan responden. Sampel uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan  diambil dari Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMA di Kabupaten Kediri. Produk sumber belajar berbasis e-learning ini menggunakan software Moodle. Hasil validasi sumber belajar dari ahli media mendapat persentase 92,5%, dari ahli materi mendapat persentase 85,5% dan responden lapangan 89,9%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, sumber belajar Paket Aplikasi Sekolah (PAS) dapat disimpulkan valid/layak  dan efektif.

Penggunaan sarana komunikasi yang disediakan dalam sumber belajar ini, sebaiknya dimanfaatkan secara maksimal, sebagai pengganti komunikasi pada tatap muka. Deseminasi sumber belajar ini dapat diterapkan pada pendidik dan tenaga kependidikan SMA di Kabupaten Kediri. Pengembangan sumber belajar lebih lanjut dapat ditambahkan materi lain baik yang berhubungan dengan Paket Aplikasi Sekolah (PAS).