SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS WEB UNTUK PEMBELAJARAN MANDIRI MATERI PENGOLAH GAMBAR VEKTOR

RATNA SRI HARTATIK

Abstrak


ABSTRAK

 

Hartatik. Ratna Sri. 2011. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Web Untuk Pembelajaran  Mandiri  Materi  Pengolah  Gambar  Vektor.  Skripsi.  Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I) Dr. H. Tri Atmadji S., M.Pd.  (II) M. Ashar, S.T., M.T.

 

Kata  kunci:  sumber  belajar,  pengolah  gambar  vektor,  web,  pembelajaran mandiri, moodle

Distance  Learning  atau  pendidikan  jarak  jauh  (PJJ)  adalah  pendidikan dengan  karakteristik  adanya  keterpisahan  antara  pendidik  dan  peserta  didik. Penerapan  PJJ  di  Indonesia  ini  dikarenakan  secara  umum  negara  Indonesia terdiri dari pulau-pulau  sehingga menyebabkan pendidikan  tidak merata,  selain itu  karena  adanya  keterbatasan  pemanfaatan  sumber  belajar  yang  selama  ini hanya  mengacu  pada  media  cetak  (buku).  Untuk  mengatasi  hal  tersebut, diperlukan sumber belajar yang bisa diakses dari berbagai daerah  tanpa adanya keterbatasan tempat, ruang dan waktu sehingga peserta didik dapat belajar lebih mandiri. Oleh sebab  itu diperlukan program-program yang mendukung aplikasi pembelajaran  jarak  jauh.  Moodle  adalah  salah  satu  software  yang  digunakan untuk  pembelajaran  berbasis  web  dan  dapat  dilakukan  pembelajaran  mandiri. Penelitian ini akan mengembangkan sumber belajar menggunakan Moodle yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri. 

Model  pengembangan  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah model pengembangan Cepi yang terdiri dari: identifikasi kebutuhan, perumusan  tujuan butir-butir  materi,  garis  besar  pengembangan  media,  penyusunan  sumber belajar,  evaluasi  sumber  belajar,  revisi  sumber  belajar,  uji  coba  produk,  revisi dan  sumber  belajar  siap  dimanfaatkan.  Instrumen  pengumpulan  data  yang digunakan pada pengembangan  ini berupa  angket  yang disebarkan kepada  ahli media,  ahli  materi,  dan  peserta  didik.  Data  yang  diperoleh  berupa  data kuantitatif  dan  data  kualitatif.  Sampel  uji  coba  30  peserta  didik  dan  uji  coba kelas besar diambil dari peserta didik SMK Negeri 10 Malang. Sumber belajar yang dihasilkan berbentuk web yang terdiri dari modul berupa teks dalam format Pdf,  ilustrasi  gambar/foto,  audio-video,  dan  dilengkapi  fasilitas  penunjang seperti:  forum,  chat,  kuis  dan  latihan  atau  penugasan  serta  kunci  jawaban. Sumber  belajar  menggunakan  Moodle  ini  dapat  diakses  melalui  internet  dan dapat digunakan untuk pembelajaran di dalam kelas.

Hasil validasi sumber belajar dari ahli media menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar dengan persentase 92%, ahli materi menyatakan  tingkat kelayakan  sebagai  sumber  belajar  dengan  persentase  94%,  uji  coba  30  siswa menyatakan  tingkat kelayakan  sebagai  sumber belajar   dengan persentase 84% dan uji  coba kelas besar menyatakan  tingkat kelayakan  sebagai  sumber belajar  dengan  persentase  88%.  Sumber  belajar  yang  dikembangkan  ini  dapat diterapakan  untuk  pembelajaran mandiri  pada  siswa  tingkat  SMK,  PJJ,  siswa serta masyarakat  umum.  Penulisan  skripsi  ini  diharapkan  dapat meningkatkan pemahaman  terhadap  materi  untuk  pembelajaran,  pokok  bahasan  pengolah gambar vektor.