SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sumber Belajar Desain Interior 3D Menggunakan Google SketchUp untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Dian Posita

Abstrak


ABSTRAK

 

Posita, Dian. 2011. Pengembangan Sumber Belajar Desain Interior 3D Menggunakan Google SketchUp untuk Pendidikan Jarak Jauh. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (1) Dr. Muladi,S.T.,M.T (2) Yuni Rahmawati, S.T.,M.T

 

Kata kunci: pengembangan sumber belajar, e-learning, desain Interior 3D pendidikan jarak jauh.

Perkembangan teknologi informasi tersebut semakin mendorong upaya-upaya pembaharuandalam memanfaatkan hasil teknologi dibidang pendidikan. Teknologi pendidikan jarak jauh (PJJ) ini  sebagai alternatif pemerataan kesempatan belajar yang memungkinkan peserta didik dapat mengakses sendiri materi atau bahan yang dibelajarkan yaitu dalam bentuk e-learning. PJJ merupakan pembelajaran yang disampaikan kepada peserta didik yang terpisah secara ruang dan waktu dengan guru/instruktur dengan memanfaatkan TIK dan sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1)Tersedianya sumber belajar berbasis e-learning pada materi desain interior 3Dmenggunakan Google SketchUp untuk PJJ. Dengan harapan sumber belajar ini dapat membantu guru dan peserta didik. (2)Teridentifikasinya kelayakan sumber belajar yang dikembangkan. (3)Teridentifikasinya efektifitas dari sumber belajar yang dikembangkan.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan sadiman yang disesuaikan dengan pengembangan sumber belajar berbasis e-learning . Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan responden. Sampel uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan  diambil dari peserta didik SMA Negeri 1 Pare kelas XI dan X. Produk sumber belajar berbasis e-learning ini mennggunakan software Moodle dengan web server Xampp. Hasil validasi sumber belajar dari ahli media mendapat persentase 88,125%, dari ahli materi mendapat persentase 83,5%, dari responden kelompok kecil 89% dan responden lapangan 88,9%  . Berdasarkan hasil validasi tersebut, sumber belajar berbasis e-learning  pada materi desain interior 3D menggunakan Google SketchUp untuk pendidikan jarak jauh dapat disimpulkan valid dan efektif digunakan sebagai sumber belajar jarak jauh.

Penggunaan sarana komunikasi yang disediakan dalam sumber belajar ini, sebaiknya dimanfaatkan secara maksimal, sebagai pengganti komunikasi pada tatap muka. Deseminasi sumber belajar ini dapat diterapkan pada SMA Negeri 1 Pare. Pengembangan sumber belajar lebih lanjut dapat dilakukan dengan menambahkan materi lain baik yang berhubungan dengan desain interior 3D.