SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Metode Pembelajaran Integrated Learning (Pembelajaran Terpadu) Dengan Pendampingan Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar KKPI Kelas XI Di SMK Negeri 1 Singosari

Mahendarti Setyobekti

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyobekti, Mahendarti. 2011. Penggunaan Metode Pembelajaran Integrated Learning (Pembelajaran Terpadu) Dengan Pendampingan Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar KKPI Kelas XI Di SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi C. P., M.Pd., M.T., (II) Drs. Hari Putranto.

 

Kata Kunci: meningkatkan aktifitas, hasil belajar, pembelajaran integrated learning, pendampingan sumber belajar.

Proses pembelajaran KKPI di SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang perlu adanya inovasi metode pembelajaran yang mengarah pada peningkatan aktifitas dan hasil belajar. Hasil diskusi dengan guru mata pelajaran dan pengamatan proses pembelajaran KKPI di kelas XI OI 2, ditemukan permasalahan rendahnya aktifitas dan hasil belajar siswa. Siswa yang tuntas belajar pada kelas tersebut belum mencapai 80%, sehingga kelas belum mencapai kriteria ketuntasan minimal.

Metode pembelajaran integrated learning dengan pendampingan sumber belajar merupakan pendekatan pemecahan masalah yang menempatkan guru sebagai fasilitator dimana kegiatan belajar mengajar akan dititik beratkan pada keaktifan siswa dalam mengoperasikan software aplikasi basis data. Dengan pembelajaran integrated learning dengan menggunakan pendampingan sumber belajar diharapkan siswa akan lebih aktif dan hasil belajar dapat tercapai.

Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model kolaboratif partisipatoris yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga pertemuan. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2010. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI OI2 SMK Negeri 1 Singosari, Kabupaten Malang yang berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian ini yaitu instrumen perlakuan dan pengukuran. Instrumen perlakuan berupa perangkat pembelajaran. Instrumen pengukuran berupa lembar observasi afektif, psikomotorik, lembar observasi proses, portofolio, dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran integrated learning dengan pendampingan sumber belajar dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar KKPI kompetensi dasar mengoperasikan software aplikasi basis data. Nilai rata-rata pencapaian hasil belajar pada siklus I sebesar 79,8 meningkat menjadi 84,1 pada siklus II. Peningkatan aktifitas belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata pencapaian aspek afektif pada siklus I sebesar 4,01 meningkat menjadi 7,01. Sedangkan peningkatan aktifitas belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata pencapaian aspek psikomotorik pada siklus I sebesar 2,39 meningkat menjadi 2,66. Peningkatan aktifitas belajar siswa juga dilihat dari lembar observasi aktifitas siswa persentase pencapaian siklus I sebesar 74,5% dan meningkat menjadi 88,6% pada siklus II.