SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Berbantuan Komputer Model Drill And Practice pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMPN 4 Malang

ulfa fauziah

Abstrak


ABSTRAK

 

Salah  satu sekolah  tingkat SMP yang masih memanfaatkan  buku Lembar Kerja Siswa (LKS) dan paper praktikum adalah SMPN 4 Malang. Dalam kegiatan belajar  mengajar  maupun  praktikum  khususnya  mata  pelajaran  Teknologi Informasi  dan  Komunikasi,  siswa  menggunakan  paper  yang  berisi  latihan praktikum  yang  telah  disediakan  oleh  guru  untuk materi Microsoft Excel  2007. Padahal  sarana  laboratorium  cukup  mendukung  untuk  tersedianya  media pembelajaran. Dengan demikian, perlu dikembangkan media pembelajaran model drill and practice  yang dikemas  secara  terstruktur untuk materi Microsoft Excel 2007.  Dengan  media  pembelajaran  siswa  dapat  meningkatkan  motivasi  belajar dalam mempelajari materi Microsoft Excel 2007.

 

Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer model drill and practice pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi menggunakan metode  pengembangan  Dick  and  Carey.  Pengumpulan  data  dilakukan  dengan menggunakan angket validasi kepada ahli media, ahli materi, dan audiens.  Hasil  pengembangan  media  pembelajaran  berbantuan  komputer  model drill and practice ini yaitu uji coba perorangan (one to one) yang terdiri dari, ahli media  sebesar 97% dan  ahli materi  sebesar 97%. Hasil uji  coba kelompok kecil (small  group)  oleh  3  audiens  sebesar  94%  dan  hasil  uji  coba  lapangan  (field evaluation) oleh 24 audiens sebesar 95%.

 

Dari  hasil  analisis  data,  dapat  disimpulkan  bahwa  media  pembelajaran berbantuan  komputer  model  drill  and  practice  secara  keseluruhan  dapat dinyatakan  valid/layak.  Jika  pemanfaatan  produk  tidak  memenuhi  persyaratan untuk pembelajaran dengan pola mandiri, maka  dapat dilaksanakan dengan pola kelas. Untuk penggunaan produk secara lebih luas perlu diperhatikan karakteristik siswa  dan  sekolahnya.  Untuk  pengembangan  produk  lebih  lanjut  disarankan mengembangkan  media  pembelajaran  berbantuan  komputer  model  drill  and practice yang bersifat online.