SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN HASIL BELAJAR WEB PROGRAMMING ANTARA PENERAPAN MODEL DRILL AND PRACTICE BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENERAPAN MODEL DRILL AND PRACTICE BERBANTUAN JOBSHEET PADA SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 3 MALANG

ERLINA PUJIASRI ARIASTUTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Ariastuti, Erlina Pujiasri. 2011. Perbedaan Hasil Belajar Web Programming antara Penerapan Model Drill and Practice Berbasis Multimedia Interaktif dengan Penerapan Model Drill and Practice Berbantuan Jobsheet pada Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd, (II) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: multimedia interaktif, drill and practice, hasil belajar.

Model drill and practice sudah diterapkan sebelumnya di SMK Negeri 3 Malang, namun minat siswa dalam mengikuti pembelajaran masih rendah dan berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari rerata nilai kemampuan awal siswa yang masih belum memenuhi SKM. Sehingga digunakanlah bantuan media sebagai pengembangan dari model pembelajaran sebelumnya untuk dapat meningkatkan minat, aktifitas dan hasil belajar siswa. Bantuan media yang digunakan pada penelitian ini berupa multimedia interaktif dan jobsheet. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat signifikansi perbedaan hasil belajar web programming antara penerapan model drill and practice berbasis multimedia interaktif dengan penerapan model drill and practice berbantuan jobsheet.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan pola post test-only design yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ yang berjumlah 107 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelompok eksperimen 1 yang diwakili X TKJ 1 dan siswa kelas X TKJ 3 sebagai kelompok eksperimen 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling cluster random. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar web programming dan variabel bebas adalah pembelajaran dengan model drill and practice. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dinilai pada tiga ranah. Instrumen multimedia interaktif dan jobsheet digunakan untuk mengukur ranah kognitif. Untuk mengukur ranah psikomotor digunakan lembar observasi proses dan jobsheet, sedangkan lembar observasi afektif digunakan untuk menilai ranah afektif siswa.

Hasil validasi multimedia interaktif dari uji coba terbatas adalah media siap layak digunakan dengan persentase sebesar 94,03%. Dari hasil uji-t diperoleh hasil yaitu thitung. 4,365 > ttabel 1,668 dan signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model drill and practice berbasis multimedia interaktif dengan siswa yang diajar mengguna-kan model drill and practice berbasis jobsheet. Pembelajaran model drill and practice dengan penggunaan multimedia interaktif sebagai alat bantu dalam pembelajaran memberikan pengaruh yang positif terhadap kelas X TKJ 1, dengan bantuan media interaktif siswa menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga hasil belajar kelas X TKJ 1 (eksperimen 1) lebih tinggi dari pada kelas X TKJ 3 (eksperimen 2).