SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN KETERSEDIAAN MEDIA PEMBELAJARAN TIK DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR TIK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KEPANJEN KABUPATEN MALANG

DANIA ARDIANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Ardianti, Dania. 2011. Hubungan Ketersediaan Media Pembelajaran TIK dan Kreativitas Guru terhadap Prestasi Belajar TIK Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd, (II) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Ketersediaan Media Pembelajaran TIK, Kreativitas Guru, dan Prestasi Belajar TIK

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Arus globalisasi dalam dunia pendidikan memiliki pengaruh yang kuat di dunia pendidikan, sehingga mendorong guru untuk selektif dalam menggunakan media pembelajaran. Dalam mengimplementasikan konsep pembelajaran berbasis TIK, penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Selain itu, guru juga dituntut kreatif dalam pembelajaran. Guru dan media pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam pembelajaran. Dengan demikian kualitas dan prestasi belajar siswa ditentukan oleh keberhasilan pelaksanaan pembelajaran tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan secara simultan an­ta­ra tingkat ketersediaan media pembelajaran TIK (X1) dan kreativitas guru (X2) terhadap prestasi belajar TIK (Y) siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen. Penelitian menggunakan pende­katan kuantitatif, dengan rancangan penelitian des­krip­tif kore­lasional. Populasi diambil dari seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 274 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Random Sampling di mana dari masing-masing kelas yang diteliti diambil proporsi 30% siswa secara random. Analisis diperoleh dengan menggunakan teknik regresi linear ganda, yaitu untuk mengetahui besarnya hubungan (X1) dan (X2) dengan (Y). Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS Statistics 17.

Hasil penelitian ini ialah: (1) ketersediaan media pembelajaran TIK di SMA Negeri 1 Kepanjen cenderung berada dalam kategori sangat tinggi sebanyak 52 responden (61%), kreativitas guru cenderung berada dalam kategori tinggi sebanyak 49 responden (58%), prestasi belajar TIK siswa cenderung berada dalam kategori sangat tinggi sebanyak 43 responden (51%), (2) hasil korelasi antara ketersediaan media pembelajaran TIK dengan prestasi belajar TIK sebesar 0.333 dan sig=0.002 < 0.05, berarti ada hubungan signifikan antara ketersediaan media pembelajaran TIK dengan kreativitas guru, (3) hasil korelasi antara kreativitas guru dengan prestasi belajar TIK sebesar 0.426 dan sig=0.000 < 0.05, berarti ada hubungan signifikan antara kreativitas guru dengan prestasi belajar TIK siswa, dan (4) hasil korelasi antara ketersediaan media pembelajaran TIK dan kreativitas guru dengan prestasi belajar TIK sebesar 0.586 dan sig=0.000 < 0.05, berarti ada hubungan secara simultan dan signifikan antara ketersediaan media pembelajaran TIK dan kreativitas guru dengan prestasi belajar TIK.