SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEB MATERI PRODUKTIF MULTIMEDIA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

indra kustiawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kustiawati,  Indra.  2010.  Pengembangan  Sumber  Belajar  Menggunakan Multimedia  Interaktif Berbasis Web Materi Produktif Multimedia  Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan  Teknik  Elektro  Fakultas  Teknik  Universitas  Negeri  Malang.Pembimbing:  (I)  Drs.  Slamet  Wibawanto,  M.T.,  (II)  Muhammad  Ashar, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Sumber belajar, multimedia interaktif, web, produktif multimedia.

Sekolah  Menengah  Kejuruan  memiliki  beragam  program  keahlian  yang masing-masing memiliki kompetensi keahlian yang berbeda. Salah satunya adalah program  keahlian  Multimedia  yang  dalam  menyampaian  materi  produktif memerlukan  penyampaian  yang menarik  karena  produktif merupakan  inti  untuk mencapai  kompetensi  keahlian,  selain  itu  erat  hubungannnya  dengan  grafis sehingga  diperlukan  sumber  belajar  dengan  visualisasi  yang  menarik  dan interaktif.  Sumber  belajar  berbasis  web  dapat  dikembangkan  menggunakan Software  Moodle  yang  merupakan  salah  satu  software  Learning  Management System  (LMS),  yaitu  aplikasi  yang  mengotomasi  dan  memvirtualisasi  proses belajar  mengajar  secara  elektronik  sehingga  dapat  diakses  dimanapun  dan kapanpun.  Software  Moodle  memiliki  fasilitas  cukup  lengkap  sebagai  sumber belajar berbasis web. Tujuan dari pengembangan  ini adalah menyediakan sumber belajar  yang  menggunakan  multimedia  interaktif  berbasis  web  yang dikembangkan  menggunakan  Moodle  untuk  belajar  mandiri  dan  penunjang pembelajaran di kelas.

Model  pengembangan multimedia  interaktif  berbasis web  ditempuh  dengan langkah-langkah  sebagai  berikut:  (1)  pembuatan  garis  besar  program media;  (2) pembuatan  flowchart;  (3)  pembuatan  storyboard;  (4)  pengumpulan  bahan  yang dibutuhkan untuk melengkapi sajian multimedia  interaktif; (5) pemrograman; (6) finishing.

Hasil yang dicapai dari pengembangan  ini adalah  tersedianya sumber belajar yang  telah  diuji  validitasnya,  sehingga  dinyatakan  layak  digunakan  sebagai sumber  belajar  mandiri  yang  menggunakan  multimedia  interaktif  berbasis  web dengan beberapa  sajian multimedia  yaitu berupa modul  teks dan gambar, media animasi,  media  audio  video.  Hasil  uji  coba  sumber  belajar  oleh  ahli  media mencapai  persentase  91,67%,  ahli materi mencapai  persentase  97,92%,  dan  uji coba  lapangan  terhadap  30  orang  siswa  pada  tingkat  X  jurusan Multimedia  di SMK  N  11 Malang  mendapat  persentase  93,46%,  sehingga  dapat  disimpulkan bahwa sumber belajar valid dan layak digunakan untuk belajar mandiri. Selain itu sumber  belajar  dilengkapi  dengan  beberapa  fasilitas  penunjang  pembelajaran mandiri seperti download materi  (modul  teks dan gambar, media animasi, media audio  video),  quiz,  forum  diskusi,  chat  room,  dan  mail.  Sumber  belajar menggunakan  multimedia  interaktif  berbasis  web  yang  dikembangkan  dapat diakses  secara  online/internet,  sehingga  dapat  diakses  dimanapun  dan  kapanpun untuk belajar mandiri maupun penunjang pembelajaran di kelas.