SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aplikasi Ujian Pilihan Ganda Berbasis Web untuk Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 9 Malang

Listyanti Dewi Astuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Astuti, Listyanti Dewi. 2011. Pengembangan Aplikasi Ujian Pilihan Ganda Berbasis Web untuk Mata Pelajaran  Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 9 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.  Pembimbing: (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng.

 

Kata kunci: Pengembangan, Ujian Pilihan Ganda, Web, Rekayasa Perangkat Lunak

Model tes pilihan ganda banyak digunakan dalam tes tingkat sekolah dasar sampai tingkat sekolah menengah umum.  Model tes pilihan ganda dipilih karena memiliki keunggulan antara lain: semua bab dapat terwakili dalam soal-soal yang disusun, ehingga tingkat perkembangan kualitatif peserta didik dapat diketahui secara pasti, validitasnya dapat diketahui secara pasti, dan obyektif.  Selain itu model tes pilihan ganda dapat dikembangkan dan diplikasikan secara komputerisasi. Namun, ujian dengan soal pilihan ganda  cenderung lebih memudahkan siswa untuk mencontek jawaban temannya.Tes atau ujian yang dilaksanakan di SMKN 9 Malang, masih menggunakan sistem ujian paper and pencil atau sistem ujian manual. Sistem ini memberi peluang terhadap adanya human error,  terutama pada saat koreksi oleh guru. Selain memakan waktu dan tenaga yang lebih besar, koreksi dan rekap data nilai memberi peluang  adanya unsur kelalaian akibat kurang teliti atau bahkan terdapat unsur subyektifitas. Sedangkan siswa sering dengan mudah mencontek  pekerjaan temannya karena kurang pengawasan atau variasi pengacakan soal hanya menjadi dua kode soal.

Aplikasi ujian berbasis web yang dikembangkan dibangun dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, dan MySQL memiliki fasilitas untuk login, logout, mengacak soal dan urutan jawaban sehingga meminimalisir kecurangan, menampilkan hasil ujian dan pembahasan setelah ujian selesai serta merekap peringkat hasil ujian berdasarkan kelas. Ujian tidak bisa diakses tanpa aktivasi dari admin, dalam hal ini bisa diperankan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Jika akses dilakukan di luar waktu yang ditentukan untuk ujian, maka sistem akan menolak.

Setelah dilakukan uji coba oleh ahli media, siswa, dan guru, sistem mengalami revisi dari segi tata letak menu navigasi. Sedangkan aspek lain tidak perlu direvisi karena setelah dibandingkan dengan tabel interpretasi data, hasil penilaian menunjukkan skor yang valid. Aplikasi ujian berbasis web dapat mempersingkat waktu pelaksanaan ujian, memiliki tampilan yang menarik, obyektif, dan dapat meminimalisir kecurangan yang sering terjadi selama ujian.