SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIFITAS HASIL BELAJAR PRODUKTIF TKJ MELALUI MEDIA MOBILE LEARNING DI SMK NEGERI 9 MALANG

Muhammad Andik Izzuddin

Abstrak


ABSTRAK

 

Izzuddin, Muhammad Andik. 2011. Efektifitas Hasil Belajar Produktif TKJ Melalui Media Mobile Learning  di SMK Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom., (II) Dr. Muladi, S.T., M.T.

 

Kata Kunci:    Efektifitas, Hasil Belajar, Mobile Learning.

Dalam RENSTRA DEPDIKNAS tahun 2005, salah satu butir kebijakan pembangunan pendidikan di Indonesia adalah pemanfaatan TIK atau teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Menurut catatan Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI), saat ini sekitar 60 persen populasi di tanah air sudah memiliki perangkat Handphone (HP). Hal ini merupakan peluang yang besar bagi institusi pendidikan di Indonesia untuk mengintegrasikan kecanggihan fitur-fitur dalam perangkat HP untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Dengan memahami hal tersebut, SMKN 9 Malang pada tahun ajaran 2010/2011 telah membangun media mobile learning.

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui proses pembangunan media mobile learning di SMKN 9 Malang dan mengetahui sejauh mana efektifitas hasil belajar siswa SMKN 9 Malang. Instrumen tes obyektif pilihan ganda digunakan untuk mengungkap efektifitas media mobile learning. Media mobile learning divalidasi menggunakan judgement expert teknik group discussion untuk medapat masukan dan perbaikan-perbaikan yang diperlukan. Soal pilihan ganda sebanyak 40 butir divalidasi pada Kelas  X TKJ 1 SMKN 9 Malang. Kemudian hasil judgement expert media mobile learning dan validasi soal pilihan ganda di aplikasikan pada Kelas X TKJ 3 SMKN 9 Malang yang dibagi dua, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen untuk diukur tingkat normalized gain (G).

Media mobile learning yang dibangun berupa video pembelajaran dengan teknik live recording menggunakan aplikasi Telestream Wirecast, materi e-book dengan menggunakan aplikasi Sheel TequillaCat dan latihan soal pilihan ganda dengan menggunakan bantuan CMS Moodle dengan tool dari mobilestudy.org. Hasil dari analisis data pretest dan posttest pada kelompok kontrol interpretasi gain adalah sedang dengan angka 0,44 sedangkan pada kelompok eksperimen interpretasi gain adalah tinggi dengan angka 0,83. Dari data tersebut menunjukkan penggunaan media mobile learning dalam pembelajaran akan efektif dalam meningkatkan hasil belajar produktif TKJ siswa SMKN 9 Malang.

Saran dalam penelitian ini untuk institusi SMKN 9 Malang perlu melihat peluang media mobile learning untuk dikembangkan pada semua mata pelajaran dan semua kelas maupun Jurusan. Kualitas video pembelajaran SMKN 9 Malang perlu ditingkatkan dengan menyiapkan ruangan dan media perekam yang lebih memadahi. Software aplikasi yang digunakan perlu dipertimbangkan membeli aplikasi yang full version. Untuk latihan soal pilihan ganda perlu difikirkan membangun secara offline. Media mobile learning yang saat ini masih masih bersifat pasif, perlu dikembangkan sistem yang interaktif seperti adanya forum diskusi online antara siswa dengan guru atau adanya SMS gateway.