SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Program Aplikasi Malec (High School Majors Selection) Sebagai Alat Bantu Untuk Penghitungan Skor Tes Bakat

Philip Faster Eka Adipraja

Abstrak


ABSTRAK

 

Pemberian tes kepribadian untuk menentukan bakat dan minat siswa sering diperlukan sebagai bahan pertimbangan saat penentuan penjurusan SMA. Pelaksanaan tes kepribadian biasanya dilakukan dengan menyebarkan angket kepada siswa. Tetapi sampai saat ini analisis yang dilakukan oleh UPT-BK Universitas Negeri Malang masih menggunakan cara manual untuk menghitung hasil skor jawaban siswa untuk dapat mengetahui minat dan bakat siswa tersebut, akibatnya hal ini memerlukan waktu yang lama. Oleh karena itu, dibutuhkan software yang dapat membantu mempercepat perhitungan skor-skor tersebut.

 

Tujuan dari pengembangan ini adalah tersedianya Program Aplikasi Malec (High School Majors Selection) Sebagai Alat Bantu Untuk Penghitungan Skor Tes Bakat. Aplikasi ini menggunakan scanner untuk mengambil masukan data dari LJU. Setelah itu gambar diproses menggunakan OMR untuk mendapatkan hasil skor sesuai dengan ketentuan. OMR singkatan dari Optical Mark Recognition adalah sebuah perangkat lunak yang memroses data melalui pantulan cahaya dengan menggunakan alat pemindai. Langkah-langkah OMR dalam aplikasi ini adalah sebagai berikut: (1) mengubah ukuran gambar; (2) mengubah gambar menjadi hitam putih; (3) menegakkan gambar; (4) memotong tepi gambar; (5) mengubah ukuran gambar untuk kedua kalinya; dan (6) mengambil jawaban dari LJU.

 

Dalam penelitian pengembangan model yang digunakan adalah model “waterfall”. Model “waterfall” ini mempunyai beberapa tahap diantaranya yaitu: analisis kebutuhan perangkat lunak; desain; generasi kode; pengujian; dan pemeliharaan. Aplikasi ini telah divalidasi oleh calon pengguna dan hasil validasi dari calon pengguna rata-rata yaitu 94.23% sehingga dapat dikatakan aplikasi valid tanpa perlu revisi program. Pengisian jawaban pada LJU memakai pensil 2B, spidol warna biru, dan/atau bolpoin warna hitam, dari 120 jawaban yang telah diisi didapatkan ketepatan 99% sampai 100%. Sedangkan pengisian jawaban menggunakan pensil 2B dan sengaja dilipat didapatkan ketepatan 95% sampai 97,5%. Penggunaan jenis scanner lain, misal Canon 8800, didapatkan kemampuan pengambilan gambar lebih cepat daripada Canon D646U.

 

Aplikasi ini mempunyai spesifikasi minimal untuk sebuah komputer diantaranya: (1) Sistem ini membutuhkan scanner; (2) Sistem operasi yang mendukung Windows XP; (3) Processor yang mendukung 400 MHz Pentium; (4) Memori RAM 96 MB; (5) Hard Disk mencapai 250 MB lokasi kosong yang tersedia; (6) Resolusi layar 800 x 600 pixels