SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Membuat Homepage Sederhana Siswa Kelas XII R-SMA-BI Negeri 1 Batu

Fina Kholij Zukhrufin

Abstrak


ABSTRAK

 

Zukhrufin,  Fina  Kholij.  2011.  Pengembangan  Media  Pembelajaran  Interaktif untuk  Meningkatkan  Hasil  Belajar  Pada  Kompetensi  Dasar  Membuat Homepage Sederhana Siswa Kelas XII R-SMA-BI Negeri 1 Batu. Skripsi. Jurusan  Teknik  Elektro,  Fakultas  Teknik,  Universitas  Negeri  Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suwasono, M.T, (II) Triyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T

 

Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Flash, Hasil Belajar, Membuat Homepage Sederhana

Standar  Kompetensi  (SK)  pada Matapelajaran  Teknologi  Informasi  dan Komunikasi  (TIK) Semester Genap Kelas XII R-SMA-BI Negeri 1 Batu  adalah Menggunakan Homepage Untuk  Informasi  dan Komunikasi. Kompetensi Dasar (KD) yang terdapat pada SK tersebut adalah membuat homepage sederhana.  Tujuan  penelitian  dan  pengembangan  ini  menghasilkan  media pembelajaran  interaktif  sesuai  Silabus  dan RPP Kelas XII  R-SMA-BI Negeri  1 Batu,  mendiskripsikan  validasi  media,  mendiskripsikan  penerapan  media  pada proses pembelajaran, dan mendiskripsikan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif.

Metode  penelitian  dan  pengembangan  penelitian  ini  perpaduan  desain Sukmadinata  dan Sadiman  terdiri  dari:  (1)  studi  pendahuluan, meluputi  a)  studi pustaka,  b)  survei  lapangan,  dan  c)  perencanaan  media  pembelajaran;  (2) pengembangan, meliputi a) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, b) analisis tujuan  pembelajaran,  c)  penyusunan materi,  d)  pengembangan  alat  evaluasi,  e) menulis  naskah  media,  f)  mengadakan  tes  dan  revisi,  g)  produksi;  dan  (3) pengujian, meliputi a) validasi ahli materi, b) validasi ahli media, c) uji coba satu lawan satu, d) uji coba kelompok kecil, dan d) uji coba lapangan.

Hasil  analisis  validasi ahli materi menyatakan valid  (88,95%),  ahli media menyatakan valid (91,96), uji satu  lawan satu menyatakan cukup valid (80,00%), uji  kelompok  kecil  menyatakan  cukup  valid  (84,79%),  dan  uji  lapangan menyatakan  valid  (92,53%).  Hasil  belajar  siswa  dianalisis  menggunakan  uji-ݐ menyatakan  terdapat  perbedaan  signifikan  rata-rata  skor  ranah  kognitif  kelas kontrol  dan  kelas  eksperimen  yaitu  a)  Materi  I  kelas  eksperimen  85,2  kelas kontrol  72,8;  b)  Materi  II  kelas  eksperimen  93,2  kelas  kontrol  68;  terdapatperbedaan yang tidak signifikan rata-rata skor ranah afektif kelas eksperimen dan kelas kontrol  a) Materi  I kelas  eksperimen 79,9 kelas kontrol 77,99 b) Materi  II kelas  eksperimen 79,4 kelas  kontrol 78,2  terdapat perbedaan  signifikan  rata-rata skor  ranah  psikomotor  kelas  eksperimen  dan  kelas  kontrol  a)  Materi  I  kelas eksperimen  97,8  kelas  kontrol  66,9  b) Materi  II  kelas  eksperimen  90,4  kelas kontrol 82,53.

Kesimpulan  pada  penelitian  dan  pengembangan  ini  (a)  penelitian  dan pengembangan  ini  menghasilkan  media  pembelajaran  yang  valid  dan  sesuai dengan  RPP  di  R-SMA-BI  Negeri  1  Batu,  (b)  media  pembelajaran  interaktif  digunakan sebagai alat bantu guru, dan (c) penererapan media pembelajaran pada proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII R-SMA- BI Negeri 1 Batu.