SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Persepsi Terhadap Kinerja Guru dan Lingkungan Sekolah dengan Prestasi Belajar TIK Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kota Malang

Arisza Norma Jayantie

Abstrak


Persepsi berpengaruh terhadap pencapaian prestasi belajar siswa, dimana setiap persepsi masing-masing siswa berbeda. Persepsi siswa diharapkan bernilai positif terhadap segala sesuatu yang menyangkut aktivitas belajar mengajar, salah satunya adalah persepsi terhadap kinerja guru dan lingkungan sekolah. Setiap sekolah yang ada di Kota Malang khususnya SMA Negeri 1, 3, dan 4 Malang memiliki guru yang berbeda menurut kinerja dan lingkungan sekolahnya. Hal tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar para siswa.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap:(1) persepsi terhadap tingkat kinerja guru (X1), (2) persepsi terhadap lingkungan sekolah (X2), (3) tingkat prestasi belajar (Y), (4) hubungan antara persepsi terhadap kinerja guru dengan prestasi belajar TIK, (5) hubungan antara persepsi terhadap lingkungan sekolah dengan prestasi belajar TIK, (6) hubungan antara persepsi terhadap kinerja guru dan lingkungan sekolah dengan prestasi belajar TIK.

Desain penelitian menggunakan metode expost facto korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik sampling yang dipakai adalah proporsional stratified random sampling dengan responden 239 siswa. Analisis diperoleh dengan menggunakan teknik regresi linear ganda, yaitu untuk mengetahui besarnya hubungan (X1) dan (X2) dengan (Y). Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows release 17.

Hasil penelitian ini: (1) X1 dalam kategori rendah sebanyak 153 responden (64,02%); (2) X2 dalam kategori sedang sebanyak 83 responden (64,02%); (3) Y dalam kategori tinggi sebanyak 75 responden (31,38%); nilai koefisien korelasi parsial antara X1 dengan Y yaitu r1y sebesar 0,128; nilai koefisien korelasi parsial antara X2 dengan Y yaitu r2y sebesar 0,293; besarnya nilai koefisien regresi ganda 2 prediktor antara Xdan X2 dengan Y yaitu  R sebesar 0,638 dan nilai Fhitung sebesar 80,824. Sumbangan prediktor atau koefisien determinasi sebesar = R2 diperoleh hasil sebesar 0,407 (40,7%).

            Kesimpulan penelitian ini adalah (1) persepsi terhadap kinerja guru berada dalam kategori renda, (2) persepsi terhadap lingkungan sekolah berada dalam kategori sedang, (3) prestasi belajar TIK berada dalam kategori tinggi, (4) ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap kinerja guru dengan prestasi belajar TIK, (5) ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap lingkungan sekolah dengan prestasi belajar TIK, (6) ada hubungan positif dan signifikan antara persepsi terhadap kinerja guru dan lingkungan sekolah dengan prestasi belajar TIK.