SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Pemanfaatan Internet dan Ketersediaan Fasilitas Internet di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas XI di SMA Negeri 9 Malang

Muhammad Ja'far Shodiq

Abstrak


ABSTRAK

 

Perkembangan dan kemajuan teknologi internet telah dimanfaatkan dunia pendidikan dan pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran TIK. Pembelajaran TIK di sekolah yang menuntut penggunaan Internet sebagai sarana belajar dapat menjadikan salah satu cara untuk meningkatkan dampak positif penggunaan internet. Internet merupakan potensi yang sangat besar untuk mendukung hasil belajar siswa di sekolah jika dimafaatkan dengan baik. Kurikulum mata pelajaran TIK yang diterapkan di SMA Negeri 9 Malang menuntut tersedianya fasilitas internet yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran TIK di sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengungkap hubungan Pemanfaatan Internet dan Hasil Belajar TIK; (2) Mengungkap hubungan Ketersediaan Fasilitas Internet di Sekolah dan Hasil Belajar TIK dan (3) Mengungkap tingkat hubungan antara Pemanfaatan Internet dan Ketersediaan Fasilitas Internet di Sekolah secara bersama dengan Hasil Belajar TIK.

Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasional. Metode sampling yang dipakai adalah proporsional random sampling dengan responden 79 siswa. Analisis diperoleh dengan menggunakan teknik regresi linear ganda, yaitu untuk mengetahui besarnya hubungan Pemanfaatan Internet dan Ketersediaan Fasilitas Internet di Sekolah secara bersama dengan Hasil Belajar TIK. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows release 16.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Nilai koefisien korelasi parsial antara Pemanfaatan Internet dengan Hasil Belajar TIK yaitu Ry1 sebesar 0,376. Nilai koefisien korelasi parsial antara Ketersediaan Fasilitas Internet di Sekolah dengan Hasil Belajar TIK yaitu Ry2 sebesar 0,245. Besarnya nilai koefisien korelasi ganda 2 prekditor antara Pemanfaatan Internet dan Ketersediaan Fasilitas Internet di Sekolah dengan Hasil Belajar TIK yaitu R sebesar 0,422. Tingkat Pemanfaatan Internet dalam kategori sangat tinggi yaitu sebanyak 71 responden (89,9%); Tingkat Ketersediaan Fasilitas Internet di Sekolah dalam kategori sangat tinggi sebanyak 78 responden (98,7%); Tingkat Hasil Belajar TIK dalam kategori sangat tinggi 47 responden (59,5%). Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut: (1) Ada hubungan positif antara Pemanfaatan Internet dengan Hasil Belajar TIK dengan sig. = 0,000 < 0,05; (2) Ada hubungan positif antara Ketersediaan Fasilitas Internet di Sekolah dengan Hasil Belajar TIK dengan sig. = 0,015 < 0,05; (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara Pemanfaatan Internet dan Ketersediaan Fasilitas Internet di Sekolah dengan Hasil Belajar TIK dengan sig. = 0,001 < 0,05.