SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keterlaksanaan Penilaian Hasil Belajar berdasarkan Permendiknas No.20 Tahun 2007 pada Pembelajaran TIK di Kelas Akselerasi, RSBI dan reguler

Ninis Asih Pramintari

Abstrak


ABSTRAK

 

Pramintari,  Ninis  Asih.  2010.  Keterlaksanaan  Penilaian  Hasil  Belajar berdasarkan Permendiknas No.20 Tahun 2007 pada Pembelajaran TIK di Kelas  Akselerasi,  RSBI  dan  reguler.  Skripsi,  Pendidikan  Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.  Pembimbing:  (I)  Drs.  Slamet  Wibawanto,  M.  T,  (II)  Yuni Rahmawati, ST, MT.

 

Kata kunci: penilaian, hasil belajar, permendiknas, akselerasi, reguler, RSBI

Pemerintah  menetapkan  standar  nasional  pendidikan  yang  merupakan kriteria minimum  tentang  sistem  pendidikan  di  seluruh wilayah  hukum  Negara Kesatuan  Republik  Indonesia  seperti  yang  tertuang  pada  Undang-undang No.20/2003 Bab  I ayat  (17). Standar nasional pendidikan bukan hanya mengatur tentang  standar  isi,  tetapi  juga  standar  proses,  kompetensi  lulusan,  tenaga kependidikan,  sarana  dan  prasarana,  pengelolaan,  pembiayaan,  dan  penilaian pendidikan. Hal  ini menunjukan bahwa  standar penilaian pendidikan merupakan bagian  yang  tidak  terpisahkan  dari  standar  nasional  pendidikan.  Jadi  setiap pendidik  harus  mengetahui  dan  memahami  serta  dapat  menerapkan  konsep standar  penilaian,  baik  yang menyangkut  tentang mekanisme,  prosedur maupun instrumen  penilaian  yang  digunakan  seperti  yang  tertuang  dalam  Peraturan Menteri  Pendidikan  Nasional  No.20  Tahun  2007  tentang  standar  penilaian pendidikan.  Dalam  meningkatkan  mutu  pendidikan  selain  memiliki  standar nasional  pendidikan,  pemerintah  juga  memiliki  tiga  program  pendidikan  yaitu kelas Akselerasi, RSBI, dan Reguler yang memiliki visi dan misi yang berbeda-beda  tetapi  tujuan  umumnya  tetap  sama  yaitu mencerdaskan  kehidupan  bangsa, berdasarkan  hal  tersebut  penelitian  ini  ingin  mendeskripsikan  bagaimana keterlaksanaan penilaian di ketiga program pemerintah yang memiliki perbedaan tersebut

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengidentifikasi  keterlaksanaan penilaian hasil belajar berdasarkan Permendiknas No.20 Tahun 2007 pada dalam pembelajaran  tik di kelas Akselerasi, RSBI, dan Reguler. Penelitian  ini diskriptif dengan menggunakan metode survei. Metode survei ini digunakan untuk maksud deskriptif.  Dalam  penelitian  deskriptif,  peneliti  tidak  membuat  perbandingan variabel  dan  sampel  yang  lain,  dan  tidak  mencari  hubungan  variabel  dengan variabel  lain.  Populasi  adalah  guru  TIK  pada  program  akselerasi,  RSBI,  dan Reguler di SMPN 3 Malang, SMPN 1 Malang, dan SMPN 5 Malang.  Instrumen penelitian berupa angket, wawancara, dan observasi.

Hasil penelitian menunjukkan Keterlaksanaan penilaian hasil belajar berdasarkan Permendiknas No.20 tahun 2007 pada kelas Reguler, RSBI, dan Akselerasi mencapai persentase berturut-turut 96,3%, 95,8%, 92,8%, jadi dapat disimpulkan keterlaksanaan secara keseluruhan adalah sangat baik, sedangkan persentase terbesar keterlaksanaan penilaian hasil belajar berturut-turut pada kelas Reguler, RSBI, dan terakhir Akselerasi.