SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Cahyaningwati, Neni Nur. 2011. Hubungan Antara Tingkat Relevansi Dalam Praktek Industri Dan Hasil Belajar Bidang Produktif Terhadap Kesiapan Kerja Pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Tahun Pelajaran 2010/2011 Di SMK Negeri

Neni Nur Cahyaningwati

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyaningwati, Neni Nur. 2011. Hubungan Antara Tingkat Relevansi Dalam Praktek Industri Dan Hasil Belajar Bidang Produktif Terhadap Kesiapan Kerja Pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Tahun Pelajaran 2010/2011 Di SMK Negeri 5 Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto., S.ST., M.Pd.(II) Drs. Slamet Wibawanto, M.T.

 

Kata Kunci: praktek industri, hasil belajar, kesiapan kerja

SMK diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja tingkat menengah di bidang industri, dunia usaha dan berbagai sektor lainnya yang terkait. Dalam rangka mewujudkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja maka perlu memadukan pembelajaran di dua tempat yaitu sekolah dan dunia usaha atau dunia  industri yaitu praktek industri. Dalam mencapai tujuan pendidikan dan pemenuhan tenaga kerja, diperlukan praktek industri sebagai pengetahuan awal dunia kerja dan hasil kualitas pembelajaran produktif sebagai pengalaman belajar.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dirancang sebagai penelitian deskriptif korelasional. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu tingkat relevansi dalam praktek industri dan hasil belajar bidang produktif serta variabel terikat yaitu kesiapan kerja. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII TKJ 2010/2011 yang berjumlah 94 siswa. Dengan menggunakan teknik  pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda.

Hasil analisis menyatakan bahwa nilai koefisien parsial antara X1 dengan Y sebesar 0,614 dengan nilai probabilitas phitung < pstandar, yaitu 0,000 < 0,05 serta nilai koefisien parsial antara X2 dengan Y sebesar 0,427 dengan nilai probabilitas phitung < pstandar, yaitu 0,000 < 0,05. Sedangkan untuk koefisien korelasi antara X1,X2 dan Y sebesar 0,740 dengan nilai probabilitas phitung < pstandar, yaitu 0,000 < 0,05 dengan nilai R square sebesar 0,547.

Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat relevansi dalam praktek industri dengan kesiapan kerja pada siswa kelas XII program keahlian TKJ di SMKN 5 Malang. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar bidang produktif dengan kesiapan kerja pada siswa kelas XII program keahlian TKJ di SMKN 5 Malang. (3) Terdapat hubungan secara simultan yang positif dan signifikan antara tingkat relevansi dalam praktek industri dan hasil belajar bidang produktif secara simultan dengan kesiapan kerja pada siswa kelas XII program keahlian TKJ di SMKN 5 Malang.