SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Kemampuan Numerik dan Perilaku Berkomputer dengan Kompetensi Perangkat Lunak Pengolah Angka (Microsoft Excel) pada Siswa SMA Negeri di Kota Malang.

NUNGKI INDAH SUSANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Susanti, Nungki Indah. 2011. Hubungan Antara Kemampuan Numerik dan Perilaku Berkomputer dengan Kompetensi Perangkat Lunak Pengolah Angka (Microsoft Excel) pada Siswa SMA Negeri di Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi C.P., M.Pd., M.T., (II) M. Rodhi Faiz, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: kemampuan numerik, perilaku berkomputer, kompetensi perangkat lunak pengolah angka.

                 

Kompetensi perangkat lunak pengolah angka merupakan kemampuan siswa pada standar kompetensi perangkat lunak pengolah angka untuk mengolah informasi. Kompetensi tersebut memperhitungkan penilaian afektif, psikomotorik serta kognitif. Kemampuan numerik adalah kemampuan seseorang dalam melakukan perhitungan yang mengandung keterampilan pemecahan masalah aritmatika. Perilaku berkomputer adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh siswa dalam mengoperasikan komputer terkait dengan penggunaan program aplikasi pada komputer terutama Microsoft Excel.

Tujuan utama penelitian ini: (1) Mendeskripsikan kemampuan numerik (X1), (2) Mendeskripsikan perilaku berkomputer (X2), (3) Mendeskripsikan kompetensi perangkat lunak pengolah angka (Y), (4) Mengungkap signifikansi hubungan antara kemampuan numerik (X1) dengan kompetensi perangkat lunak pengolah angka (Y), (5) Mengungkap signifikansi hubungan antara perilaku berkomputer (X2) dengan kompetensi perangkat lunak pengolah angka (Y), (6) Mengungkap signifikansi hubungan antara kemampuan numerik (X1) dan perilaku berkomputer (X2) secara simultan dengan kompetensi perangkat lunak pengolah angka (Y). Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Negeri di Kota Malang.

Desain penelitian menggunakan metode expost facto korelasional. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri di Kota Malang, dengan sampel sebanyak 244 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda untuk mengungkap besarnya hubungan X1 dan X2 dengan Y. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows versi 16.

Penelitian ini berhasil mengungkap: (1) X1 dalam kategori sedang sebesar 59%, (2) X2 dalam kategori tinggi sebesar 86%, dan (3) Y dalam kategori tinggi sebesar 59%. Nilai koefisien korelasi parsial antara X1 dengan Y yaitu r1y sebesar 0,564; nilai koefisien korelasi parsial antara X2 dengan Y yaitu r2y sebesar 0,278; besarnya nilai koefisien korelasi ganda 2 prediktor antara Xdan X2 dengan Y yaitu  Ry sebesar 0,688 dan nilai Fhitung sebesar 108,269. Sumbangan efektif kedua prediktor sebesar 47,3%.

Kesimpulan penelitian ini adalah (1) X1 berada dalam kategori sedang, (2) X2 berada dalam kategori tinggi, (3) Y berada dalam kategori tinggi, (4) Ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y, (5) Ada hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y, dan (6) Ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y.