SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI KOMPARASI MINAT DAN HAMBATAN BELAJAR SISWA KELAS RSBI DAN AKSELERASI PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS XI SMAN 4 MALANG

Amidatus Sholihat Jamil

Abstrak


ABSTRAK

 

Jamil, Amidatus Sholihat. 2011. Studi Komparasi Minat dan Hambatan Belajar Siswa Kelas RSBI dan Akselerasi pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI SMAN 4 Malang.. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti G.I, M.Kom, (II) M. Zainal Arifin S.Si, M.Kom.

 

Kata Kunci:  minat belajar, hambatan belajar

RSBI (Rintisan Sekolah Berstandart Internasional) dan program akselerasi adalah program-program kelas unggulan sekolah yang ditujukan untuk siswa yang memiliki kecerdasan lebih tinggi dibandingkan kelas reguler, tetapi apakah dengan tingkat kecerdasan lebih tinggi maka siswa-siswa tersebut memiliki minat belajar yang tinggi pula pada mata pelajaran TIK? Sedangkan minat belajar merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar siswa, disamping itu proses belajar dan mengajar yang dilakukan oleh siswa tidak selalu lancar seperti yang diharapkan terkadang siswa mengalami kesulitan belajar atau hambatan-hambatan belajar.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat dan hambatan belajar siswa kelas RSBI dan akselerasi SMA Negeri 4 Malang serta untuk mengetahui perbedaan minat dan hambatan belajar siswa kelas RSBI dan akselerasi SMA Negeri 4 Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dirancang sebagai penelitian deskriptif komparatif. Variabel penelitian, yaitu minat belajar dan hambatan siswa. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI RSBI dan XI akselerasi SMA Negeri 4 Malang yang berjumlah 260 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik sampling nonprobabilitas, yaitu sampling kebetulan atau sampling seadanya dimana dalam penentuan kelas yang bisa digunakan sebagai sampel penelitian dibantu oleh guru TIK SMA Negeri 4 Malang. Instrumen yang digunakan adalah angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis komparatif.

Hasil analisis menyatakan bahwa komparasi minat belajar antara siswa kelas XI RSBI dan akselerasi diperoleh nilai Sig. (0,043) > 0,05. dan thitung (2.076) < ttabel (1,674), hal tersebut berarti bahwa ada perbedaan minat belajar antara siswa kelas RSBI dan kelas akselerasi. Sedangkan untuk komparasi hambatan belajar antara siswa kelas XI RSBI dan akselerasi nilai Sig. (0,504) > 0,05. dan z hitung | -0,668 |  < z tabel (1,96), hal tersebut berarti bahwa tidak ada perbedaan hambatan belajar antara siswa kelas RSBI dan kelas akselerasi.

Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa ada perbedaan minat belajar yang signifikan antara siswa kelas RSBI dan akselerasi di SMA Negeri 4 Malang, (2) Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa tidak ada perbedaan hambatan belajar antara siswa kelas RSBI dan akselerasi di SMA Negeri 4 Malang.

Setelah diketahui hasil penelitian, maka hendaknya guru berusaha menciptakan suasana pembelajaran TIK yang bisa mempertahankan dan meningkatkan minat belajar siswa. Selain itu sekolah juga hendaknya mendukung segala tindakan yang bisa menciptakan suasana belajar yang efektif dengan memperhatikan hambatan-hambatan belajar yang dialami siswa pada saat mata pelajaran TIK berlangsung.