SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN RESPON DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR PEMBUATAN HALAMAN WEB DINAMIS YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DIBANDINGKAN MENGGUNAKAN MODEL KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS XI-RPL SMK NEGERI 5 MALANG

Septi Ratnaningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Ratnaningtyas, Septi. 2011. Perbedaan Respon dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Pembuatan Halaman Web Dinamis yang Diajarkan Menggunakan  Model Group Investigation (GI) dibandingkan Menggunakan Model Konvensional Pada Siswa Kelas XI-RPL SMK Negeri 5 Malang. Pembimbing (I) Drs. Setiadi, C.P., M.T., M.Pd. Pembimbing (II) Drs. Hari Putranto.

 

Kata kunci: Perbedaan, Group Investigation (GI), Konvensional, respon, hasil belajar.

Group Investigation mengutamakan kerja sama siswa dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah. Proses pembelajaran dengan Model GI memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung atau aktif dalam proses pembelajaran. Model Pembelajaran Group Investigation (GI) merupakan pembelajaran kooperatif yang melibatkan kelompok kecil, siswa menggunakan inquiri kooperatif (perencanaan dan diskusi kelompok) kemudian mempresentasikan hasilnya di depan kelas. Model ini memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, menekankan pengalaman belajarnya secara aktif dan kooperatif. Siswa akan lebih termotivasi untuk menemukan masalah dan berusaha menemukan pemecahan sendiri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan respon dan hasil belajar kompetensi dasar pembuatan halaman web dinamis yang diajar menggunakan model Group Investigation (GI) dibandingkan menggunakan konvensional kelas XI-RPL SMK Negeri 5 Malang.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment design). Dengan rancangan Post test-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 67 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas XI RPL 1 (33 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI RPL 3 (34 siswa) sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model Group Investigation (GI) untuk kelas eksperimen dan penerapan model konvensional untuk kelas kontrol dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah respon dan hasil belajar.

Hasil penelitian nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen adalah 89,50 dan kelompok kontrol adalah 82,88 serta hasil respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh rata-rata skor perolehan pada kelompok eksperimen adalah 69.6% dengan kriteria baik dan kelompok kontrol 64.7% dengan kriteria cukup baik.

Data hasil belajar dari masing-masing kelompok diuji hipotesis meggunakan uji-t serta data hasil belajar. Hasil perhitungan uji-t diperoleh yaitu thitung (5.076) dengan probabilitas .000 < .005 Kesimpulan dari hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model Group Investigation (GI) dan yang belajar dengan menggunakan model konvensional.