SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Proses Pembelajaran TIK SMA Negeri di Kota Malang Berdasarkan Pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses

ADMAJA DWI HERLAMBANG

Abstrak


ABSTRAK

 

Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang standar proses yang  berisi kriteria minimal proses pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai kontrol kualitas standar pendidikan. Didalamnya dinyatakan bahwa evaluasi proses pembelajaran dilakukan untuk me­nentukan kualitas pembelajaran secara keseluruhan, mencakup tahap perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.

Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengungkap kondisi perencanaan proses, pelaksanaan proses, dan penilaian hasil pembelajaran TIK SMA Negeri di Kota Malang ke dalam 5 kategori. Kategori tersebut antara lain: Sangat Baik, Baik, Cukup Baik, Kurang Baik, Sangat Kurang Baik. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri se-Kota Malang yang berjumlah 10 sekolah. Kemudian diambil sampel sejumlah 5 SMA Negeri dengan menggunakan  teknik Purposive Sample. SMA tersebut antara lain: SMAN 3, 4, 5, 6 dan 8 Malang. Setiap sekolah diwakili oleh seorang guru TIK dan 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian silabus, lembar penilaian RPP, angket siswa, dan lembar penilaian perangkat penilaian hasil belajar TIK.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi perencanaan proses pembelajaran TIK di SMAN 3, 4, 6, dan 8 Malang termasuk dalam kategori Baik. Sedangkan SMAN 5 Malang termasuk dalam kategori Cukup Baik. Kondisi pelaksanaan proses pembelajaran TIK di SMAN 8 Malang termasuk dalam kategori Baik. SMAN 3, 4, 5, dan 6 Malang termasuk dalam kategori Cukup Baik. Kondisi penilaian hasil pembelajaran TIK, SMAN 4, 5, dan 8 Malang termasuk dalam kategori Sangat Baik. SMAN 3 Malang termasuk dalam kategori Baik dan SMAN 6 Malang termasuk dalam kategori Cukup Baik.