SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN STRATEGI PENYELESAIAN KONFLIK DAN KOMUNIKASI ORGANISASI DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU PROGRAM KEAHLIAN INFORMATIKA SMK SE-KABUPATEN LUMAJANG

Yogy Ro'idah

Abstrak


ABSTRAK

 

Ro’idah S.M., Yogy. 2010. Hubungan Strategi Penyelesaian Konflik dan Komunikasi Organisasi dengan Produktivitas Kerja Guru Program Keahlian Informatika SMK Se-Kabupaten Lumajang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Negeri Malang Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Atmadji Sutikno, M.Pd., (II) Sujito, S.T.,M.T.

 

Kata Kunci: hubungan, penyelesaian konflik, komunikasi organisasi, produktivitas

Komunikasi dalam suatu organisasi sangat penting karena dengan komunikasi yang baik, organisasi dapat berjalan lancar dan berhasil. Sebaliknya kurangnya atau tidak adanya komunikasi organisasi dapat macet dan tidak sesuai dengan yang diharapkan, sehinga menyebabkan konflik. Sehubungan dengan itu, setiap organisasi harus mampu menangani dan mengelola, serta mengurangi konflik agar memberikan dampak positif, dan meningkatkan prestasi, karena konflik yang tidak dikelola dengan baik dapat menurunkan prestasi dan kinerja organisasi.

Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kondisi strategi penyelesaian konflik, komunikasi organisasi, dan produktivitas guru program keahlian informatika SMK se-Kabupaten Lumajang, (2) hubungan antara strategi penyelesaian konflik dengan produktivitas guru program keahlian informatika SMK se-Kabupaten Lumajang, (3) hubungan antara komunikasi organisasi dengan produktivitas guru program keahlian informatika SMK se-Kabupaten Lumajang, dan (4) hubungan antara strategi penyelesaian konflik dan komunikasi organisasi dengan produktivitas guru program keahlian informatika SMK se-Kabupaten Lumajang

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat diketahui bahwa guru program keahlian informatika di SMK se-Kabupaten Lumajang menjawab strategi penyelesaian konflik dalam penggunaan yang baik yaitu sebanyak 20 responden atau sebesar 62,5%, 22 responden atau sebesar 68,8% menjawab bahwa komunikasi organisasi dalam keadaan baik. Sedangkan produktivitas kerja guru program keahlian informatika di SMK se-Kabupaten Lumajang sebanyak 16 responden (50%) menyatakan memiliki produktivitas kerja yang tinggi. Strategi penyelesaian konflik tidak mempunyai hubungan yang signifikan terhadap produktivitas kerja guru program keahlian informatika di SMK se-Kabupaten Lumajang. Komunikasi organisasi mempunyai hubungan yang signifikan terhadap produktivitas kerja guru program keahlian informatika di SMK se-Kabupaten Lumajang. Strategi penyelesaian konflik dan komunikasi organisasi mempunyai hubungan yang signifikan secara simultan terhadap produktivitas kerja guru program keahlian informatika di SMK se-Kabupaten Lumajang dengan memberikan kontribusi sebesar 45,9% sedangkan 54,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.