SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERIPHERAL KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 6 MALANG

Aldina Ramayumanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramayumanti, Aldina. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Blog Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Peripheral Kelas X TKJ Di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Negeri Malang Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom. Pembimbing II: M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom.

 

Kata Kunci: Think Pair Share, Blog, Hasil Belajar

Pendidikan merupakan salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Iklim pembelajaran yang dikembangkan oleh guru mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan dan kegairahan belajar siswa. Namun umumnya sampai saat ini kegiatan pembelajaran hanya dilaksanakan secara konvensional, pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher centered), dan meminimalkan keterlibatan siswa. Sehingga dalam penelitian ini, diterapkan sebuah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share sebagai variasi pembelajaran sehingga tercipta suasana belajar yang lebih hidup, aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Manfaat Blog ini digunakan untuk membantu siswa memperoleh materi pelajaran yang sedang dipelajari. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan Blog, dan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan Blog terhadap hasil belajar.

Penelitian  ini menggunakan rancangan penelitian quasy experimental design dengan pola pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sample, yaitu kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen (diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan Blog), dan kelas X TKJ 3 sebagai kelas kontrol (digunakan metode ceramah bermakna). Teknik analisa data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kedua kelas yaitu dengan  uji-t dua pihak serta menggunakan analisa regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Blog.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran model Think Pair Share berbantuan Blog dapat meningkatkan aktivitas siswa. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan model Think Pair Share berbantuan Blog mengalami peningkatan pada setiap pertemuan, yaitu pertemuan pertama 48,5%, pertemuan kedua 72,72%, dan pertemuan ketiga 87,87%. (2) Adanya perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini dibuktikan nilai Sig. (0,000) < 0,05 pada uji-t dua pihak. Kesimpulan dari analisis uji-t menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa kelas kontrol dan eksperimen. Dari hasil analisis regresi sederhana menghasilkan R2 (0,331), artinya sumbangan model pembelajaran terhadap hasil belajar sebesar 33,1%, dari persamaan regresi Y = 31,246 + 0,631X, dan diperoleh hasil yaitu Sig. (0,001) < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Blog terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Peripheral.