SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Berbasis Mind Map pada Standar Kompetensi Menggunakan Sistem Operasi untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas

Aria Indah Susanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Susanti, Aria Indah. 2011. Pengembangan Modul Berbasis Mind Map pada  Standar Kompetensi Menggunakan Sistem Operasi untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Heru Wahyu Herwanto, S.T, M.Kom, (2) Yuni Rahmawati, S.T, M.T.

 

Kata kunci : modul, mind map, sistem operasi.

Berdasarkan wawancara, metode mengajar yang digunakan  pada kelas X SMA Negeri 3 Bangkalan pada mata pelajaran TIK adalah metode ceramah. Selain itu siswa tidak memiliki buku pegangan atau sumber lainnya untuk dijadikan sumber belajar. Jadi guru berperan sebagai sumber belajar di kelas. Modul merupakan salah satu jenis bahan ajar yang banyak digunakan dalam proses pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar. Mind map merupakan salah satu teknik meringkas bahan yang akan dipelajari dan memproyeksikan masalah yang dihadapi ke dalam bentuk peta atau teknik grafik sehingga lebih mudah memahaminya. Mind map sering diterapkan sebagai model pembelajaran Dari alasan tersebut, dikembangkan modul berbasis mind map sebagai bahan ajar siswa.

Modul ini telah melalui 2 tahap uji coba. Dari hasil uji coba tahap I atau validasi isi disimpulkan bahwa modul dinyatakan valid karena semua komponen dalam tiap aspek penilaian bahan ajar (aspek kelayakan isi, aspek penemuan terbimbing, keterbacaan, sajian, dan tampilan) dinyatakan valid atau sangat valid dan juga dinyatakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan cukup bagus. Sedangkan dari hasil uji coba tahap II atau validasi empirik disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sudah cukup baik, menarik, dan memotivasi siswa, sehingga layak digunakan oleh siswa sebagai sumber belajar.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) bentuk nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Bangkalan semester 2 tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 8 kelas dan masing-masing kelas berisi 40 siswa kecuali kelas X-2, X-6, dan X-7 berisi 39 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan X-6 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa di ranah kognitif dan variabel bebas adalah penerapan modul.

Dari hasil Uji-t diperoleh hasil yaitu thitung. 4,124> ttabel 1,665. Kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa di ranah kognitif antara siswa yang diajar dengan modul berbasis mind map dengan siswa yang diajar tanpa modul berbasis mind map. Peningkatan prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen dikarenakan penyajian materi dalam modul ini lebih menarik bagi siswa dan disertai dengan soal latihan sehingga menambah minat baca dan belajar siswa.