SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Project Based Learning Dengan Teknik MURDER (Mood Understand Recall Digest Expand Review) Terhadap Prestasi Belajar Perangkat Lunak Pembuat Presentasi TIK Kelas XII SMAN 1 Kesamben

Rachmawati .

Abstrak


ABSTRAK

 

Rachmawati. 2011. Pengaruh Project Based Learning Dengan Teknik MURDER (Mood Understand Recall  Digest Expand Review) Terhadap Prestasi Belajar Perangkat Lunak Pembuat Presentasi TIK Kelas XII SMAN 1 Kesamben. Skripsi, Jurusan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Slamet Wibawanto, M. T, (II) I Made Wirawan, S.T, S.S.T. (Pembimbing II).

 

Kata Kunci: Project Based Learning, MURDER, prestasi belajar

Dunia kerja memerlukan orang yang dapat mengambil inisiatif, berpikir kritis, kreatif, dan cakap memecahkan masalah dalam pembuatan produk. Oleh karena itu diperlukan suatu model belajar yang dapat memberikan kesempatan siswa bekerjasama dalam kelompok untuk membuat sebuak produk nyata dari berbagai sumber. Disamping itu menurut Clair Wistein pembelajaran yang baik meliputi pengajaran siswa bagaimana belajar, bagaimana mengingat, bagaimana berfikir dan bagaimana memotifasi diri mereka sendiri.

Berdasarkan kenyataan diatas, dalam penelitian ini diterapkan kolaborasi model pembelajaran antara project based learning (PBL) dengan teknik MURDER. PBL merupakan suatu model memfokuskan pada pengembangan produk atau unjuk kerja. MURDER merupakan gabungan dari Mood (Suasana Hati), Understand (Pemahaman), Recall (Pengulangan), Digest (Penelaahan), Expand (Pengembangan), Review (Pelajari Kembali). MURDER adalah salah satu model kooperatif yang berfokus pada bagaimana manusia memperoleh, menyimpan, dan memproses apa yang dipelajarinya, dan bagaimana proses berpikir dan belajar itu terjadi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara penerapan kolaborasi PBL dengan MURDER dan PBL tanpa MURDER. Selain itu untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL dengan teknik MURDER terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasy experimental design) dengan pola pretest-posttest control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XII SMAN1 Kesamben Blitar semester genap tahun ajaran 2010/2011, sedangkan sampel penelitian adalah kelas XII IPA2 (kontrol) l dan XII IPA1(eksperimen). Instrumen penelitian berupa RPP, Silabus, Modul, soal tes dan rubrik observasi. Uji hipotesis menggunakan uji t dan regresi linier sederhana.

 Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan, model pembelajaran PBL dengan teknik MURDER yang diterapkan di kelas eksperimen menunjukkan prestasi belajar yang lebih tinggi dengan rata-rata 89,99 daripada kelas kontrol yang menerapkan PBL biasa dengan rata-rata 85,05. Hasil uji regresi liniear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh signifikan sebesar 57,1% antara penerapan project based learning dengan teknik MURDER terhadap prestasi belajar TIK menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi.