SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kemampuan Guru dalam Mengelola Kelas dan Kelengkapan Peralatan Praktik dengan Pencapaian Kompetensi Dasar Menginstalasi Perangkat Jaringan Lokal (Local Area Network) di SMK Negeri 5 Malang

Galuh Aulia Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Galuh Aulia. 2011. Hubungan Kemampuan Guru dalam Mengelola Kelas dan Kelengkapan Peralatan Praktik dengan Pencapaian Kompetensi Dasar Menginstalasi Perangkat Jaringan Lokal (Local Area Network) di SMK Negeri 5 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Slamet Wibawanto, M.T., (II) Triyanna Widiyaningtyas, S.T, M.T.

 

Kata Kunci:  kemampuan mengelola kelas, peralatan praktik

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang menghasilkan SDM siap kerja diharapkan dapat berkembang menjadi Pusat Pendidikan Pelatihan dan Kejuruan Terpadu yang mampu menghasilkan calon tenaga kerja produktif. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan sumber daya manusia tenaga kependidikan (guru) yang bermutu sebagai salah satu penentu kualitas pendidikan, disamping itu juga didukung oleh sarana pembelajaran yang memadai yang dapat menunjang keberhasilan pendidikan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan guru mengelola kelas dan kelengkapan peralatan praktik dengan pencapaian kompetensi dasar siswa dalam menginstalasi LAN. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dirancang sebagai penelitian deskriptif korelasional. Variabel penelitian, yaitu kemampuan guru dalam mengelola kelas, kelengkapan peralatan praktik serta pencapaian kompetensi dasar siswa. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 5 Malang sebanyak 134 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu sebanyak 66 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumen. Teknik analisa data yang dipergunakan adalah teknik analisis korelasi parsial dan regresi linier berganda.

Hasil analisis menyatakan bahwa nilai koefisien parsial antara X1 dengan Y sebesar 0,471 dengan nilai probabilitas phitung < pstandar, yaitu 0,000 < 0,05 serta nilai koefisien parsial antara X2 dengan Y sebesar 0,505 dengan nilai probabilitas phitung < pstandar, yaitu 0,000 < 0,05. Sedangkan untuk koefisien korelasi antara X1,X2 dan Y sebesar 0,729 dengan nilai probabilitas phitung < pstandar, yaitu 0,000 < 0,05 dengan nilai R square sebesar 0,531, yang berarti bahwa sumbangan yang diberikan oleh X1, X2 terhadap Y sebesar 53,1%

Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan guru dalam mengelola kelas dengan  pencapaian kompetensi dasar siswa dalam menginstalasi LAN siswa SMK Negeri 5 Malang. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kelengkapan peralatan praktik dengan pencapaian kompetensi dasar siswa (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan guru dalam mengelola kelas dan kelengkapan peralatan praktik secara simultan dengan pencapaian kompetensi dasar siswa dalam menginstalasi LAN di SMK Negeri 5 Malang. (4) Terdapat sumbangan antara kemampuan guru dalam mengelola kelas dan  kelengkapan peralatan praktik secara simultan tehadap pencapaian kompetensi dasar siswa  dalam menginstalasi LAN.