SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan KTSP Pada Pengembangan Pembelajaran TIK di SMP NegeriSe Kabupaten Pamekasan

Hesy Herlianika Hedir

Abstrak


ABSTRAK

 

Herlianika, Hesy. 2011. Pelaksanaan KTSP Pada Pengembangan Pembelajaran TIK di  SMP NegeriSe Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Tri AtmadjiSutikno, M.Pd., Pembimbing (2) Drs. SetiadiCahyonoPutro, M.Pd., M.T.

 

Kata kunci: KTSP, pembelajaran TIK, SMP Negeri

Perjalanan penerapan KBK pada matapelajaran TIK belum optimal, dilanjutkan dengan penyelenggaraan KTSP (kurikulum tingkat satuan pendidikan) yang mengandung beberapa ketentuan.Permasalahan pelaksanaan KTSP di Pamekasan pada matapelajaran TIK yaitu mulai dari kualitas guru yang kurang kompeten, kesiapan peserta didik, dan kelengkapan sarana dan prasarana di bidang TIK.Sejauh ini sekolah di Pamekasan dalam menyusun dokumen KTSP masih berpedoman pada BSNP dari Depdiknas Kabupaten Pamekasan.Dalam rangka mengetahui pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMPNegeri se Kabupaten Pamekasan perlu dilakukan suatu penelitian mengenai pelaksanaan KTSP.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) tingkat pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan ditinjau dari segi perencanaan, (2) tingkat pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan ditinjau dari segi pelaksanaan pembelajaran,dan (3) tingkat pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan ditinjau dari segi evaluasi.

Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan ditinjau dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru TIK SMP Negeri di pamekasan yang berjumlah 64 orang yang tersebar di 26 sekolah. Instrumen penelitian menggunakan angket dan dokumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan ditinjau dari segi perencanaan pembelajaran tergolong sangat tinggi, (2) pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan ditinjau dari segi pelaksanaan pembelajaran cenderung tinggi, dan (3) pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan ditinjau dari segi evaluasi pembelajaran cenderung tinggi.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa : (1) agar guru TIK  meningkatkan hasil karya dokumen perangkat pembelajaran,(2) kepada sekolah agar mengusahakan pengadaan kelengkapan sarana dan prasarana yang berbasis IT, (3) kepada Depdiknas Kabupaten Pamekasan agar sesering mungkin melakukan evaluasi terhadap implementasi KTSP dan memberikan bantuan sekolah pengadaan sarana prasarana belajar, dan (4) kepada peneliti lain, agar hendaknya mengadakan penelitian yang mencakup variabel yang lebih luas serta mencari pengaruh atau hubungan tiap variabel.