SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Kompetensi Instalasi Sistem Operasi Antara Penerapan CTL Berbantuan Media Interaktif dengan Penerapan Pembelajaran Konvensional Berbantuan Media Interaktif Pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 12 Malang

ARUMANTIKA EKO YULIAPRILIYANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

CTL adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata dan menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran CTL yang digunakan dalam penelitian ini adalah model REACT. Penelitian ini mengolaborasikan antara CTL dengan media interaktif sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah: (1) Untuk merancang media interaktif yang valid dan sesuai dengan kaidah media pembelajaran yang baik; (2) Untuk membuat media interaktif yang valid dan sesuai dengan kaidah media pembelajaran yang baik; (3) Untuk mendeskripsikan kompetensi Instalasi Sistem Operasi yang diajar menggunakan penerapan contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media interaktif; (4) Untuk mendeskripsikan kompetensi Instalasi Sistem Operasi yang diajar menggunakan strategi konvensional berbantuan media interaktif; dan (5) Untuk mengungkap perbedaan kompetensi Instalsi Sistem Operasi antara penerapan CTL berbantuan media interaktif dengan pembelajaran konvensional berbantuan media interaktif.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment design). Dengan rancangan Post test-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Multimedia di SMK Negeri 12 Malang tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 123 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas X MM 2 (41 siswa) sebagai kelas kontrol dan kelas X MM 1 (41 siswa) sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling cluster random. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kompetensi Instalasi Sistem Operasi dan variabel bebas adalah penerapan CTL berbantuan media interaktif.

Hasil validasi media interaktif dari uji coba terbatas adalah media siap layak digunakan dengan presentasi 93,87%. Dari hasil Uji-t diperoleh hasil yaitu thitung. 3,150 > ttabel 1,664. Kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat

perbedaan rata-rata nilai kompetensi belajar antara siswa yang diajar dengan penerapan CTL berbantuan media interaktif dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional berbantuan media interaktif. Penerapan CTL yang dikolaborasikan dengan penggunaan media interaktif sebagai alat bantu dalam pembelajaran memberikan pengaruh yang positif terhadap kelas X MM 1, dengan penerapan CTL berbantuan media interaktif siswa menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga kompetensi belajar kelas X MM 1 (eksperimen) lebih tinggi dari pada kelas X MM 2 (kontrol).