SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Permainan Pair Coupon Exchange terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Malang

Dila Umnia Soraya

Abstrak


ABSTRAK

 

Soraya,  Dila  Umnia.  2011.  Pengaruh  Penerapan Permainan  Pair  Coupon Exchange  terhadap Hasil  Belajar  TIK  Siswa Kelas VIII  SMP Negeri  13 Malang.  Skripsi,  Jurusan  Elektro,  Fakultas  Teknik,  Universitas  Negeri Malang.  Pembimbing:  (I)  Drs.  Slamet  Wibawanto,  M.T,  (II)  Triyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T.

 

Kata  kunci:  pair  coupon  exchange,  teknik  bertukar  pasangan,  hasil  belajar, pengolah kata.

Secara  teoritis,  TIK memainkan  peran  penting  untuk mendukung  proses belajar  aktif, konstruktif,  kolaboratif,  intensif,  konversif,  kontekstual,  dan reflektif.  Sehingga, pembelajaran  TIK  membutuhkan  suatu  model  belajar  yang dapat memberi  kesempatan  siswa  bekerjasama  dalam  kelompok, meningkatkan antusiasme,  memberi  peluang,  motivasi,  dan  kesenangan  kepada  siswa  untuk mengembangkan  pengetahuan  dari  berbagai  sumber  belajar.

Namun,  pada kenyataannya  masih  banyak  guru  yang  kurang  memperhatikan  penggunaan metode  belajar  yang  tepat  dalam  pembelajaran  TIK.  Sumber  belajar  yang disediakan masih sangat terbatas. Metode berkelompok yang digunakan oleh guru belum memberi kesempatan siswa untuk saling bertukar  informasi dengan  teman kelompok  lain,  sehingga  terjadi  kesenjangan  antar  kelompok.

Pembelajaran seperti ini dapat menciptakan suasana kelas yang membosankan, siswa mengalami kesulitan  belajar,  serta  menyebabkan  kesenjangan  antar  kelompok  yang  dapat mempengaruhi hasil belajar. Melihat  kenyataan  di  atas,  diterapkan  sebuah  model  pembelajaran  TIK pokok  bahasan membuat  dokumen  pengolah  kata  yaitu  permainan  pair  coupon exchenge.  Pair  coupon  exchange  merupakan  modifikasi  dari  metode  Belajar Beraneka  Sumber  (BEBAS)  dengan  teknik  bertukar  pasangan  yang  dikemas dalam bentuk permainan menggunakan kupon berwarna berpasangan.

Penelitian  bertujuan  untuk  mengetahui  perbedaan  hasil  belajar  siswa kelompok  eksperimen  dan  kontrol  serta  untuk mengetahui  pengaruh  penerapan permainan  pair  coupon  exchange  terhadap  hasil  belajar  TIK  siswa  kelompok eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan desain eksperimen semu dengan pola pretest-posttest control group design. Variabel bebas yaitu metode pembelajaran dan  variabel  terikat  yaitu  hasil  belajar.  Sampel  penelitian  ditentukan  dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIII-D sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-H sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah silabus, RPP,  lembar  angket,  lembar  pengamatan,  portofolio,  dan  tes  tulis. Uji  hipotesis menggunakan uji t dan regresi linear sederhana. Hasil uji t menghasilkan nilai Sig (p) = 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak. Jadi,  terdapat  perbedaan  yang  signifikan  hasil  belajar  TIK  antara  kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai Sig (p) = 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak. Jadi, terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan  permainan  pair  coupon  exchange  terhadap  hasil  belajar  TIK  pada kelompok  eksperimen  yang  pengaruhnya  dapat  diprediksi  melalui  persamaan

regresi Y = 63,722 + 0,312 X.