SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ADOBE PHOTOSHOP DENGAN PENERAPAN PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DIBANDINGKAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 MALANG

Hayu Noeritasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Noeritasari, Hayu. 2010. Perbedaan Prestasi Belajar Adobe Photoshop dengan Penerapan Project-Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif dibandingkan Direct Instruction Berbantuan Multimedia Interaktif pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi C.P, M.T., (II) Drs. Slamet Wibawanto, M.T.

 

Kata kunci: Project-based Learning, Direct Instruction, Multimedia Interaktif, Prestasi Belajar, Adobe Photoshop

Penerapan model pembelajaran direct instruction (DI) yang bersifat teacher centered di SMA Negeri 2 Malang mengakibatkan siswa menjadi pasif dan kurang memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah secara mandiri. Hal ini didasarkan hasil pengamatan pada saat PPL (Praktik Pengalaman Lapangan), khususnya untuk mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang menuntut siswa pro aktif, salah satunya adalah project-based learning (PjBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi perbedaan karena penerapan PjBL dibandingkan dengan DI yang sama-sama berbantuan multimedia interaktif.

Rancangan penelitian eksperimen ini menggunakan Post-test Only Control Design dengan pemilihan kelompok yang tidak acak. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang semester 2 tahun ajaran 2010/2011. Sampel yang digunakan adalah dua kelas, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan model PjBL dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol yang diajar menggunakan model DI. Instrumen yang digunakan terdiri dari: instrumen perlakuan dan pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan perangkat lunak SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 87,20 sedangkan kelas kontrol 80. Berdasarkan uji t diperoleh hasil bahwa nilai probabilitas hitung < 0,05 (0,000 < 0,05). Kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan PjBL dibandingkan DI yang sama-sama didukung penggunaan multimedia interaktif. Penerapan PjBL terlihat mampu memicu keaktifan dan memberikan pengaruh positif terhadap kelas XI IPA 2 (eksperimen) sehingga prestasi belajarnya lebih tinggi dari pada kelas XI IPA 3 (kontrol).