SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sumber Belajar Teknik Mengamankan Data dan Sistem Komputer Berbasis Web Menggunakan Moodle.

Komsatun .

Abstrak


ABSTRAK

 

Komsatun. 2011. Pengembangan Sumber Belajar Teknik Mengamankan Data dan Sistem Komputer Berbasis Web Menggunakan Moodle. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Slamet Wibawanto, M.T., Pembimbing (II) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Pendidikan Jarak Jauh, Belajar mandiri, Moodle

Distance Learning atau pendidikan jarak jauh (PJJ) adalah pendidikan dengan karakteristik adanya keterpisahan antara pendidik dan peserta didik. Penerapan PJJ di Indonesia ini dikarenakan secara umum negera Indonesia terdiri dari pulau-pulau sehingga menyebabkan pendidikan tidak merata, selain itu karena adanya keterbatasan pemanfaatan sumber belajar yang selama ini hanya mengacu pada media cetak (buku). Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan sumber belajar yang bisa diakses dari berbagai daerah tanpa adanya keterbatasan tempat, ruang dan waktu sehingga peserta didik dapat belajar lebih mandiri. Oleh sebab itu diperlukan program-program yang mendukung aplikasi e-learning. Moodle adalah salah satu software yang digunakan untuk pembelajaran berbasis web dan dapat dilakukan pembelajaran mandiri. Penelitian ini akan mengembangkan sumber belajar menggunakan Moodle yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Cepi yang terdiri dari: identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan butirbutir materi, garis besar pengembangan media, penyusunan sumber belajar, evaluasi sumber belajar, revisi sumber belajar, uji coba produk, revisi dan sumber belajar siap dimanfaatkan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan responden. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Sampel uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil diambil dari peserta didik SMA Negeri 1 Karangan-Trenggalek. Sumber belajar yang dihasilkan berbentuk web yang terdiri dari modul berupa teks dalam format Pdf, ilustrasi gambar/foto, audio-video, dan dilengkapi fasilitas penunjang seperti: forum, chat,kuis dan latihan atau penugasan serta kunci jawaban. Sumber belajar menggunakan Moodle ini dapat diakses melalui internet dan dapat digunakan untuk pembelajaran di dalam kelas.

Hasil validasi sumber belajar dari ahli media menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar dengan persentase 92,2%, ahli materi menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar dengan persentase 95,8%, uji coba perorangan menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar dengan persentase 89,1% dan kelompok kecil menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar dengan persentase 93,6%. Sumber belajar yang dikembangkan ini dapat diterapakn pada siswa PJJ, siswa tingkat SMA dan masyarakat umum. Penulisan skripsi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi suplemen untuk pembelajaran , pokok bahasan Teknik Mengamankan Data dan Sistem Komputer.