SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Bidang Produktif dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Program Teknologi Informasi dan Komunikasi SMK Negeri 5 Malang

Bobby Dwi Kusumanugraha

Abstrak


ABSTRAK

 

Dwi K, Bobby. 2011. Hubungan Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Bidang Produktif dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Program Teknologi Informasi dan Komunikasi SMK Negeri 5 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi C.P.,M.Pd., M.T. (II) Drs. Ahmad Fahmi, S.T., M.T.

 

Kata Kunci:  Kemampuan Komunikasi, Prestasi Belajar Bidang Produktif, dan Prestasi Praktik Industri

Magang kerja adalah matapelajaran yang wajib diberikan kepada siswa SMK berdasarkan kurikulum pendidikan di Indonesia. Magang kerja bertujuan mengasah ilmu yang didapat selama mengikuti matapelajaran di sekolah. Faktor yang diprediksi mempengaruhi praktik industri dalam hal prestasi adalah kemampuan komunikasi. Komunikasi adalah peristiwa sosial yang terjadi ketika manusia berinteraksi dengan manusia yang lain. Faktor kedua yang diprediksi berpengaruh pada praktik industri adalah prestasi belajar bidang produktif. Bidang produktif adalah segala mata diklat yang dapat membekali pengetahuan teknik dasar keahlian kejuruan.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan Tingkat “Kemampuan Komunikasi”(X1);(2)Mendeskripsikan Tingkat“Prestasi Belajar Bidang Produktif” (X2); (3) Mendeskripsikan Tingkat “Prestasi Praktik Kerja Industri” (Y); (4) Mengungkap hubungan X1 dan Y; (5) Mengungkap hubungan X2 dan Y dan (6) Mengungkap tingkat hubungan antara X1 dan X2 secara bersama dengan Y.

Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasional. Metode sampling yang dipakai adalah proporsional random sampling dengan responden 88 siswa. Analisis diperoleh dengan menggunakan teknik regresi linear ganda, yaitu untuk mengetahui besarnya hubungan (X1) dan (X2) secara bersama dengan (Y). Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows release 16.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Tingkat X1 dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 44 responden (50%); (2) Tingkat X2 dalam kategori tinggi sebanyak 88 responden (100%); (3) Tingkat Y dalam kategori tinggi 71 responden (81%). Nilai koefisien korelasi parsial antara X1 dengan Y yaitu Ry1 sebesar 0,218. Nilai koefisien korelasi parsial antara X2 dengan Y yaitu Ry2 sebesar 0,408. Besarnya nilai koefisien korelasi ganda 2 prekditor antara X1 dan X2 dengan Y yaitu R sebesar 0,478.

Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut: (1) X1 berada dalam kategori tinggi, X2 dan Y berada dalam kategori tinggi; (2) Ada hubungan positif antara X1 dengan Y dengan sig. = 0,042 < 0,05; (3) Ada hubungan positif antara X2 dengan Y dengan sig. = 0,000 < 0,05; (4) Ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 dengan Y dengan sig. = 0,000 < 0,05. Variabel Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Bidang Produktif memberi sumbangan efektif terhadap Prestasi Praktek Kerja Industri sebesar masing-masing 5,43% dan 17,21% dengan total sumbangam 22,64%, sedangkan yang 77,36% disebabkan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.