SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Pembelajaran CLSEG dan Ceramah Interaktif Terhadap Hasil Belajar TIK Materi Mempraktikan Keterampilan Dasar Komputer Kelas VII SMP Negeri 13 Malang

GRES DYAH KUSUMA NINGRUM

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningrum, Gres Dyah Kusuma. 2011. Pengaruh Penerapan Pembelajaran CLSEG dan  Ceramah Interaktif    Terhadap  Hasil  Belajar  TIK  Materi Mempraktikan Keterampilan Dasar KomputerKelas VII   SMP Negeri 13 Malang.  Skripsi,  Jurusan  Elektro,  Fakultas  Teknik, Universitas  Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowiyono, M.T, (II) M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom.

 

Kata  kunci:  Cooperative  Learning,  Expert Group,  pengaruh,  hasil  belajar,  pe-rangkat.keras.

Salah satu kunci utama dalam proses belajar mengajar adalah guru. Namun pada kenyataannya masih banyak guru yang kurang memperhatikan penggunaan metode  belajar  yang  tepat.  Pola  pembelajaran  masih  didominasi  oleh  peran seorang  guru.  Oleh  karena  itu,  dalam  penelitian  ini  diterapkan  sebuah  model CLSEG (Cooperative Learning Strategi Expert Group) pada materi mempraktikan keterampilan  dasar  komputer.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  Mengetahui seberapa  besar  pengaruh  dan  perbedaan  hasil  belajar  siswa  antara  penerapan pembelajaran  model  CLSEG  dan  ceramah  interaktif  materi  “Mempraktikan Keterampilan Dasar Komputer” Kelas VII   SMP Negeri 13 Malang,  serta untuk mengetahui mampu  atau  tidaknya model  CLSEG  dalam meningkatkan  Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ada di sekolah.

Penelitian  ini merupakan penelitian  eksperimen  semu dengan  pola pretest- posttest control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 13 Malang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian menggunakan dua kelas dimana    teknik pengambilannya melalui purposive sam-pling. Kelas VII G  sebagai  kelas  eksperimen  dan VII  E  sebagai  kelas  kontrol.Variabel  penelitian  terdiri  dari,  variabel  bebas  yaitu  metode  pembelajaran  dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen perlakuan dan  instrumen hasil belajar.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  dengan  penerapan  model  CLSEG  terdapat  pengaruh  yang  signifikan  terhadap  hasil  belajar  siswa,  dilihat  dari perbedaan  rata-rata  sebelum dan  sesudah perlakuan  yaitu  sebesar 34,71,  sedang-kan dengan penerapan ceramah  interaktif  juga  terdapat pengaruh meskipun  tidak sebesar  dengan  penerapan  model  CLSEG,  dilihat  dari  perbedaan  rata-rata  sebelum dan sesudah perlakuan yaitu 27,79. Hasil belajar antara kelas kontrol dan eksperimen  juga  menunjukkan  perbedaan  signifikan  yaitu  dengan  nilai  Sig(p) 0,002