SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN JARINGAN KOMPUTER ANTARA KELAS YANG MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASIPACKET TRACER DENGAN KELAS YANG MENGGUNAKAN PERANGKAT JARINGAN LANGSUNG DI SMA NEGERI 1 TUMPANG

Ria Anisaa

Abstrak


Anisaa, Ria. 2011. PerbedaanPrestasiBelajarSiswaKelas XI padaPembelajaranJaringanKomputerantaraKelas yang Menggunakan Media PembelajaranSimulasi Packet Tracer denganKelas yang MenggunakanPerangkatJaringanLangsung di SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi.S1 PendidikanTeknikInformatika.JurusanTeknikElektro. FakultasTeknik. UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (1) HeruWahyuHerwanto, S.T. M.Kom., (2) DidikDwiPrasetya, S.T., M.T.

 

Kata kunci :     Prestasi belajar,Media pembelajaran simulasipacket tracer, Perangkatjaringanlangsung.

 

            Keterbatasan media pembelajaranperangkatjaringanlangsung di sekolahdapatmengakibatkankurangoptimalnyakegiatanbelajardanpembelajaran.Hal inijugaterjadi di SMA Negeri 1 Tumpang, dimanasiswahanyamempelajarisecarateorisajatanpamempraktikkansecaralangsung.Kondisiiniberdampakpadanilai yang dicapaiyaitu rata-rata sebesar 72, kurangdari SKM (StandarKelulusan Minimal) yang ditetapkansebesar 75.Olehkarenaitudibutuhkan media pembelajaranbantuangunamengatasipermasalahan yang ada, salahsatunyaadalah media pembelajaransimulasipacket tracer.Penelitianinibertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tumpang pada pembelajaran jaringan komputer yang diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran simulasi packet tracer dan dengan menggunakan perangkat jaringan langsung.

Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimentalsemu.Variabeldalampenelitianiniyaituvariabelbebasdanvariabelterikat.Variabelbebasberupapembelajarandenganmenggunakan media simulasipacket tracer danperangkatjaringanlangsung, sedangkanvariabelterikatberupaprestasibelajarsiswa.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas XI di SMA Negeri 1 Tumpangtahunajaran 2010/2011.Sampelpenelitianiniadalahkelas XI IPA 1 untukkelaskontroldanXI IPA 2 untukkelaseksperimen yang diambildenganteknikpurposive sampling.Instrumen yang digunakanyaituinstrumenperlakuan, berupasilabusdan RPP.Sedangkanuntukinstrumenpengukuran, yaitusoaltes, lembarpenilaianafektif, danlembarpenilaianpsikomotorik.Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisisstatistikkuantitatifdenganbantuan SPSS.

            Dalampenelitianinididapatkan rata-rata hasilbelajarkognitifsiswapadakelaskontrolsebesar 71,21dankelaseksperimensebesar 76,06. Hasilbelajarafektifsiswakelaskontrolsebesar 73 dankelaseksperimensebesar 82,42. Serta hasilbelajarpsikomotoriksiswakelaskontrolsebesar 68,33dankelaseksperimensebesar 70,91.Sedangkanuntukhasilbelajarsiswakeseluruhanpadakelaskontrolsebesar 70,82dankelaseksperimensebesar 76,46. Data hasilbelajarsiswadarimasing-masingkelasdiujianalisisdarinormalitas, homogenitas, danhipotesismenggunakanuji-t.Kesimpulannyaadalahterdapatperbedaanhasilbelajarkognitif, afektif, danhasilbelajarsiswakeseluruhan.Sedangkanuntukhasilbelajarpsikomotoriktidakterdapatperbedaanuntukkeduakelassampel.