SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Strategi Think Pair Square dan Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tumpang

Rosiana Andriyani

Abstrak


Andriyani, Rosiana. 2011. Penerapan Strategi Think Pair Square dan Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tumpang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowiyono, M.T., (II) M. Ashar Pakkawaru, S.T., M.T.

 

Kata Kunci : Think Pair Square,Explicit Instruction, Hasil Belajar, TIK

 

Munculnya variasi strategi pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan hasil belajar di dunia pendidikan Indonesia. Namun sayangnya tidak semua guru menguasai penerapan variasi model pembelajaran yang ada, tak terkecuali guru mata pelajaran TIK di SMA Negeri 1 Tumpang yang hampir semua gurunya telah tersertifikasi. Guru bidang studi menerapkan strategi Explicit Instruction yang belum banyak memberikan perubahan karena masih berpusat pada guru. Hal ini tentu dinilai kurang efektif karena pembelajaran yang diharapkan saat ini bersifat student centered dengan kemampuan berpikir secara kolaboratif. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut, perlu dicoba berbagai variasi strategi pembelajaran kelompok yang juga mampu mengatasi permasalahan kurangnya fasilitas di sekolah, misalnya strategi Think Pair Square.  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar kognitif, (2) perbedaan hasil belajar afektif, (3) perbedaan hasil belajar psikomotorik, (4) perbedaan hasil belajar keseluruhan siswa yang belajar menggunakan strategi Think Pair Square dan Explicit Instruction, (5) pengaruh penerapan strategi Think Pair Square terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Tumpang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Rancangan eksperimental semu digunakan untuk membandingkan hasil belajar siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas X4 sebagai kelas kontrol (Explicit Instruction) dan siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen (Think Pair Square) yang diambil dengan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan, yaitu silabus, RPP, dan LKS dan instrumen pengukuran, yaitu soal tes, lembar penilaian afektif, lembar penilaian psikomotorik, dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS.  

Dalam penelitian ini didapatkan rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada kelas kontrol sebesar 79,75 dan kelas eskperimen 79,37, hasil belajar afektif siswa kelas kontrol 72,76 dan kelas eksperimen 83,28, hasil belajar psikomotorik siswa kelas kontrol sebesar 61,45 dan kelas eksperimen 76,64, hasil belajar keseluruhan siswa kelas kontrol sebesar 71,32 dan kelas eksperimen 79,77 serta hasil angket respon siswa terhadap penerapan strategi think pair square sebesar 78,47. Data hasil belajar siswa dari masing-masing kelas diuji hipotesis menggunakan uji-t dan data hasil angket respon siswa diuji menggunakan uji regresi linear sederhana. Kesimpulannya adalah tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif, terdapat perbedaan hasil belajar afektif, psikomotorik dan hasil belajar keseluruhan siswa. Selanjutnya hasil uji regresi linear sederhana diperoleh Sig. (0,054)>(0,05) sehingga kesimpulannya tidak ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi Think Pair Square terhadap hasil belajar siswa, namun secara keseluruhan respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran ini adalah baik.