SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN HASIL BELAJAR PERAWATAN PC DAN RESPON BELAJAR KARENA PENGARUH PENERAPAN MODEL CTL DIBANDINGKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TPS PADA SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 3 MALANG

Atan Pramana

Abstrak


ABSTRAK

 

Pramana, Atan. 2011. Perbedaan Hasil Belajar Perawatan PC Dan Respon Belajar Karena Pengaruh Penerapan Model CTL Dibandingkan Dengan TPS Pada Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowiyono, M.T., (II) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T.

 

Kata Kunci : Model CTL (Contextual Teaching and Learning), TPS (Think Pair Share), hasil belajar, dan respon belajar.

Keberhasilan dalam proses pembelajaran dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain model dan metode pembelajaran yang dipilih oleh guru. Sehingga pemilihan guru dalam menggunakan model pembelajaran berdampak positif dalam peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa. Model pembelajaran yang dapat digunakan adalah CTL dan TPS merupakan model pembelajaran yang mengupayakan pada kegiatan belajar yang bermakna melalui strategi pembelajaran, diskusi, bekerja kelompok, dan memecahkan masalah serta menyimpulkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sebagai berikutperbedaan hasil belajar perawatan PC dan respon belajar karena pengaruh penerapan model CTL dibandingkan dengan TPS.

Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Malang tahun ajaran 2010/2011. Sampel dengan tujuan, ditentukan kelas X TKJ 3 sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model CTL dan kelas X TKJ 1 sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran TPS. Instrumen perlakuan RPP, sedangkan instrumen pengukuran hasil belajar meliputi penilaian test, rubrik afektif, rubrik psikomotor, dan respon belajar. Teknik analisis data dengan bantuan SPSS 17 yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, respon siswa, dan sumbangan respon belajar terhadap hasil belajar yaitu dengan uji t untuk mengetahui adanya perbedaan dan regresi linear sederhana untuk mengetahui besar sumbangan.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar perawatan PC antara kelas yang diajar menggunakan model CTL dan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS diperoleh nilai Sig.(0,029) < 0,05. Perbedaan rata-rata respon belajar perawatan PC antara kelas yang diajar menggunakan model CTL dan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS diperoleh nilai Sig.(0,003) < 0,05. Jadi Ho ditolak dan Ha diterima pada uji hipotesis perbedaan menggunakan uji t. Sumbangan respon belajar penerapan model CTL terhadap hasil belajar perawatan PC sebesar 71,5%, sedangkan sumbangan respon belajar penerapan model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar perawatan PC sebesar 67,8%. Jadi Ho ditolak dan Ha diterima pada uji hipotesis sumbangan respon belajar menggunakan uji regresi linear sederhana. Dari besarnya persentase diketahui bahwa respon belajar siswa terhadap penerapan model CTL lebih tinggi dari pada respon belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran TPS.