SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Ketersediaan Fasilitas Laboratorium Komputer dan Intensitas Penggunaan Komputer dengan Prestasi Belajar TIK Siswa Kelas XII di SMAN 7 Malang

Rinda Wahyu Iksanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Tinggi rendahnya prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri dan luar diri siswa. Faktor dari luar diri siswa yang turut berpengaruh terhadap prestasi belajar diantaranya fasilitas laboratorium komputer. Laboratorium komputer merupakan salah satu elemen penting dalam memperlancar kegiatan pembelajaran TIK. TIK sebagai mata pelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi memerlukan penggunaan komputer untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Ketercukupan fasilitas laboratorium komputer dan intensitas penggunaan komputer secara bertanggung jawab merupakan faktor yang menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah.

 

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII SMAN 7 Malang sejumlah 161 siswa dari 300 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random. Desain rancangan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional yang bersifat expost facto. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi nilai. Teknik analisis data menggunakan korelasi parsial dan regresi ganda dengan bantuan program SPSS 17.

 

Hasil penelitian ini adalah (1) Ketersediaan fasilitas laboratorium komputer sebesar 49,07%, (2) Intensitas penggunaan komputer sebesar 40,37%, dan (3) Prestasi belajar TIK sebesar 44,1%.

Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Ketersediaan fasilitas laboratorium komputer berada dalam kategori sedang, (2) Intensitas penggunaan komputer berada dalam kategori tinggi, (3) Prestasi belajar TIK berada dalam kategori sedang, (4) Ada hubungan positif dan signifikan antara ketersediaan fasilitas laboratorium komputer dengan prestasi belajar TIK nilai signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi 0,622, (5) Ada hubungan positif dan signifikan antara intensitas penggunaan komputer dengan prestasi belajar TIK nilai signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi 0,466, dan (6) Ada hubungan positif dan signifikan antara ketersediaan fasilitas laboratorium komputer dan intensitas penggunaan komputer secara simultan dengan prestasi belajar TIK nilai signifikansi 0,000, koefisien regresi 0,686 dan sumbangan efektif 47%.