SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR TIK ANTARA METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 MALANG

RETNO WULANDARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Retno. 2011. Perbedaan Prestasi Belajar TIK antara Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dan Metode Pembelajaran Ekspositori pada Siswa  Kelas X di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmantara, M.Pd. (II) Triyanna Widiyaningtyas, S.T, M.T.

 

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together, Prestasi Belajar

Pada saat ini proses pembelajaran di SMA Negeri 7 Malang kelas X dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Pembelajaran dengan metode ini mempunyai beberapa kelemahan, salah satunya peran guru dalam proses pembelajaran TIK masih sangat dominan sehingga proses pembelajaran yang berlangsung kurang melibatkan peran dan aktivitas siswa secara langsung. Hal ini mengakibatkan prestasi belajar siswa semakin menurun, terbukti dengan rata-rata hasil ujian TIK pada materi fungsi dan proses kerja peralatan TIK masih di bawah SKM (standar ketuntasan minimal) yaitu 7,2. Padahal siswa dikatakan lulus mata pelajaran TIK jika nilainya minimal 7,5. Agar prestasi belajar siswa tidak lagi menurun karena kurangnya pemahaman konsep, maka perlu diadakan variasi dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif. Dengan metode pembelajaran ini siswa akan lebih aktif dalam pembelajaran. Salah satu tipe pembelajaran kooperatif adalah Numbered Heads Together (NHT).

Penelitian ini dilakukan pada semester 1 tahun ajaran 2010/2011 dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi ekperimental design) tipe Nonrandomized Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA dengan jumlah siswa sebanyak 380 siswa yang terbagi menjadi 10 kelas. Data penelitan diambil dari siswa X9 dan X7 berupa pre-test dan prestasi belajar yang terdiri dari ranah afektif dan kognitif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai prestasi belajar secara signifikan antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol,  berdasarkan hasil uji-t yang memperoleh  thitung. (7,135) > ttabel (1,993) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari prestasi belajar siswa kelas kontrol. Diperoleh nilai rata rata hasil belajar kelas eksperimen (83,52) lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol (76,47) dengan selisih sebesar 7,05 poin dan selisih tingkat ketuntasan sebesar 30%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan prestasi  belajar siswa pada standar kompetensi memahami ketentuan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.