SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Mobile Web (Web Bergerak) sebagai Media Pembelajaran pada Standar Kompetensi Memahami Fungsi dan Proses Kerja Berbagai Peralatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Siswa SMA Negeri Kelas X se-Kota Malang

Mohammad Suryawinata

Abstrak


ABSTRAK

 

Mobile learning (pembelajaran bergerak) merupakan salah satu inovasi dalam dunia pendidikan. Hasil rekayasa teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran bergerak adalah aplikasi web bergerak. Aplikasi web bergerak merupakan sebuah situs web yang dapat diakses melalui perangkat keras bergerak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile web (web  bergerak) yang sesuai dan layak digunakan pada matapelajaran TIK pada standar kompetensi memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi.

 

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan yang merujuk pada Sugiyono. Sedangkan metode pengembangan perangkat lunak media pembelajaran ini merujuk pada model prototyping yang dikemukakan oleh Pressman. Pengujian dilakukan dengan 2 tahap yakni ujicoba perangkat lunak dan ujicoba penggunaan oleh subyek ujicoba. Ujicoba perangkat lunak dilakukan dengan menggunakan bantuan web penyedia layanan standarisasi web  bergerak. Ujicoba penggunaan dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan siswa di SMA 3, SMA 6, dan SMA 9. Hasil ujicoba pemakaian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini valid, layak, serta tidak perlu direvisi dengan pencapaian sebesar 88%.