SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengontrol Baterai pada PLTS dengan Menggunakan Battery Control Regulator

Andri Batubara

Abstrak


Batubara, Andri. 2011. Pengontrol Baterai pada PLTS dengan Menggunakan Battery Control Regulator. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Arif Nur Afandi, S.T., M.T

 

Kata kunci : Battery Control Regulator, PLTS.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah peralatan pembangkit listrik yang merubah cahaya matahari menjadi listrik. PLTS sering juga disebut Solar Cell, atau Solar Photovoltaic, atau Solar Energy. Dengan konsep yang sederhana yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik, dimana cahaya matahari adalah salah satu bentuk energi dari Sumber Daya Alam.

Cahaya matahari akan dikonversi menjadi energi listrik. Dan arus listrik itu akan disalurkan ke beban dan sebagian disimpan ke baterai. Pada saat cuaca mendung atau hujan cahaya matahari tidak bisa diterima dengan baik oleh panel surya sehingga menyebabkan ketidakstabilan arus listrik yang diterima dan disimpan ke baterai. Namun, panel surya tetap mampu menghasilkan listrik selama terdapat cahaya matahari. Selain itu sering kali terjadi kerusakan pada baterai dikarenakan ketidakstabilan pengisian tersebut. Dari masalah ini maka diperlukan adanya alat yang dapat mengontrol dan menstabilkan arus agar pengisian ke baterai juga tidak berlebih.

Penggunaan Battery Control Regulator sangatlah tepat karena alat ini digunakan  untuk mengontrol dan mengatur arus searah yang diisi ke baterai dan disalurkan dari baterai ke beban. Sehingga kerusakan yang ditimbulkan seperti baterai cepat ngedrop dapat diminimalkan.

Hasil dari pengujian tugas akhir ini dapat disimpulkan bahwa kerusakan yang terjadi pada baterai dapat diminimalkan karena pengisian baterai berlebihan dapat dihindari setelah menggunakan Battery Control Regulator SDDC 12-10A.