Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR LEGENDA GUNUNG BUDHEG BERBASIS DIGITAL PAINTING

ander sa'id

Abstrak


ABSTRAK

 

Said, Ander. 2017. Perancangan Buku Cerita Bergambar Legenda Gunung Budheg Berbasis Digital Painting. Skripsi. Program Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Moch. Abdul Rohman, S.Sn, M.Sn (2) Andika Agung Sutrisno, S.Sn, M.Sn

 

Kata Kunci : buku cerita bergambar, legenda gunung budheg, digital painting

Legenda merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan. Sehingga legenda dapat menjadi salah satu identitas suatu daerah. Di Kota Tulungagung tepatnya di desa Boyolangu terdapat sebuah legenda yang  bernama  legenda Gunung Budheg. Legenda Gunung Budheg mengkisahkan tetang  terjadinya  Gunung Budheg. Cerita Legenda Gunung Budheg sejatinya banyak menampilkan ajaran  moral, dimana manusia hidup diharapkan dapat mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk.

Tujuan dalam penelitian ini merancang sebuah media visualisasi buku cerita bergambar legenda gunung budheg yang menarik minat anak-anak untuk membaca, mendengarkan alur ceritanya dan menanam rasa cinta terhadap legenda nusantara.

Perancangan Buku Cerita Bergambar Legenda Gunung Budheg berbasis Digital Painting menjadi solusi untuk menarik minat membaca anak-anak sekaligus mengenal sejarah Legenda Gunung Budheg  serta menanam pesan moral dan perilaku baik pada anak-anak.

 

Model yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan model perancangan prosedural dengan langkah-langkah yang sistematis, terstruktur, berurutan dan logis. Setelah melalui tahapan perancangan maka dihasilkan dua media promosi yaitu online dan offline yaitu media online: instagram media offline: Poster, X-banner, Totebag, Gelas, Sticker dan Poch .