Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

perancangan logo dan lambang Universitas Negeri malang sebagai Media Promosi Pendukung

dhea ekayana mayrantika

Abstrak


ABSTRAK

 

iv ABSTRAKMayrantika, Dhea Ekayana. 2017. Logo dan Lambang Universitas Negeri Malang Sebagai Peningkatan Citra dan Sarana Promosi. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sarjono, M.Sn, (II) Mitra Istiar Wardhana, S.Kom, M.T.Kata Kunci : Videotron Logo, Universitas Negeri Malang, Media PromosiUniversitas Negeri Malang (UM) adalah salah satu perguruan tinggi negeri di kota Malang Jawa Timur. Logo dan lambang Universitas Negeri Malang menjadi sudut utama dalam perancangan untuk mempelajari lebih lanjut tentang makna dan sebagai pengetahuan bagi sif itas akademik. Logo dan UM yang merupakan jati diri yang mewakili bagian dari universitas. Lambang UM merupakan jati diri resmi yang dijadikan sebagai lambang utama universitas dan logo bisnis sebagai bagian dari aktivitas UM untuk mewakili progam kerja sama antar lembaga atau umum.Tujuan perancangan infografis untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan program sarjana (skripsi), dengan harapan melalui infographic dapat informasi lebih dalam tentang logo dan lambang Universitas Negeri MalangModel perancangan yang digunakan dalam perancangan ini adalah model perancangan prosedural. Model perancangan prosedural yaitu model perancangan yang bersifat deskriptif langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk secara sistematis dan bertahap dalam menghasilkan karya desain. Hasil perancangan ini berbentuk media promosi berbasis infografisyang ditujukan kepada wanita dan laki-laki yang memiliki minat belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Media promosi berbasis infografis ini menggunakan gaya flat desain. Media promosi berupa infografis logo dan lambang dipilih karena memiliki keunggulan dibanding dengan media lain yaitu infografis dapat menyampaikan informasi secara cepat dan diletakkan pada tengah kota yang siapapun dapat melihat setiap saat meskipun dengan durasi yang singkat dan dapat diaplikasikan pada media elektronik visual. iv ABSTRAKMayrantika, Dhea Ekayana. 2017. Logo dan Lambang Universitas Negeri Malang Sebagai Peningkatan Citra dan Sarana Promosi. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sarjono, M.Sn, (II) Mitra Istiar Wardhana, S.Kom, M.T.Kata Kunci : Videotron Logo, Universitas Negeri Malang, Media PromosiUniversitas Negeri Malang (UM) adalah salah satu perguruan tinggi negeri di kota Malang Jawa Timur. Logo dan lambang Universitas Negeri Malang menjadi sudut utama dalam perancangan untuk mempelajari lebih lanjut tentang makna dan sebagai pengetahuan bagi sif itas akademik. Logo dan UM yang merupakan jati diri yang mewakili bagian dari universitas. Lambang UM merupakan jati diri resmi yang dijadikan sebagai lambang utama universitas dan logo bisnis sebagai bagian dari aktivitas UM untuk mewakili progam kerja sama antar lembaga atau umum.Tujuan perancangan infografis untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan program sarjana (skripsi), dengan harapan melalui infographic dapat informasi lebih dalam tentang logo dan lambang Universitas Negeri MalangModel perancangan yang digunakan dalam perancangan ini adalah model perancangan prosedural. Model perancangan prosedural yaitu model perancangan yang bersifat deskriptif langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk secara sistematis dan bertahap dalam menghasilkan karya desain. Hasil perancangan ini berbentuk media promosi berbasis infografisyang ditujukan kepada wanita dan laki-laki yang memiliki minat belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Media promosi berbasis infografis ini menggunakan gaya flat desain. Media promosi berupa infografis logo dan lambang dipilih karena memiliki keunggulan dibanding dengan media lain yaitu infografis dapat menyampaikan informasi secara cepat dan diletakkan pada tengah kota yang siapapun dapat melihat setiap saat meskipun dengan durasi yang singkat dan dapat diaplikasikan pada media elektronik visual.