Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN KARAKTER JERI SI JERAPAH UNTUK ADAPTASI ANIMASI 2D DONGENG ANAK ‘MENGAPA JERAPAH TINGGI SEKALI?’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MORAL MELALUI ILM BERBENTUK FILM PENDEK UNTUK ANAK TK

Fikariani Izzati

Abstrak


ABSTRAK

 

Izzati, Fikariani. Perancangan Karakter Jeri si Jerapah untuk Adaptasi Animasi 2D Dongeng Anak "Mengapa Jerapah Tinggi Sekali?" Sebagai Media Pembelajaran Moral Melalui ILM BerbentukFilm Pendek untuk Anak TK. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sarjono, M.Sn.

 

Kata kunci: animasi, ILM, jerapah, moral

Perancangan karakter Jeri si Jerapah untuk adaptasi animasi motion graphic ini bertujuan untuk membuat film pendek sebagai selingan sebelum atau setelah acara favorit anak-anak TK, yang bisa mereka nikmati di akhir pekan, yang digunakan untuk menanam pesan moral pada anak.  Adapun latar belakangnya ialah perlunya diajarkan kandungan moral pada anak untuk tidak minta dengan semena-mena; bersyukur apa adanya dan tidak mengejek. Keputusan untuk membuat adaptasi animasi ini sebagai motion graphic ialah selain karena pengerjaannya yang cenderung cepat, juga ada nilai stylistic dimana film pendek yang dibuat akan terasa seperti buku cerita yang ‘hidup'.  Karena itu, dibuatlah animasi pendek motion graphic dengan durasi kurang lebih 5 menit, ditampilkan pada hari Sabtu dan Minggu, pagi hari sebelum slot acara anak mulai untuk Sabtu dan setelah slot acara anak selesai pada hari Minggu.

Pengumpulan data untuk ini dilakukan di TK As-salam, dengan melakukan wawancara pada guru dan beberapa murid pada TK tersebut.

Perancangan dilakukan dengan mempelajari sumber, merombak bagian akhir dari cerita, memprosesnya menjadi narasi dan skrip untuk kemudian dibuat desain aset-aset seperti karakter, background dan lainnya, perekaman narasi dilanjutkan dengan penganimasian aset, untuk pada akhirnya dipasang musik untuk melengkapi animasi, dirender dan siap tayang. Setelah itu, dibuatlah media pendukung seperti notebook, poster, x-banner dan sosial media untuk mempromosikan acara.

 

Hasil akhir perancangan akan berupa sebuah iklan layanan masyarakat yang disamarkan, berbentuk film animasi motion graphic dengan durasi 5 menit, yang ditayangkan pada slot pukul 4-9 pagi pada hari Sabtu dan 5-7 malam pada hari Minggu, di Global TV.