Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN VISUAL MERCHANDISING ‘CANISTER MAGAZINE’ DALAM BENTUK STREET MOBILE DISPLAY UNTUK PEMBERDAYAAN KOMUNITAS SUBKULTUR

Mochamad Romadhon Febriarianto

Abstrak


ABSTRAK

 

‘Canister Magazine’merupakan salah satu majalah subkultur Kota Malang.Sayangnya majalah tersebut kurang dikenal oleh target audiencenya yaitu komunitas subkukltur. Komunitas subkuklturadalah komunitas yang memiliki ideologi dan bersifat dinamis. Sehingga pengenalanproduk yang dilakukan haruslahmengikuti perilaku audience.Oleh karena itudiperlukan media alternatif yang bersifat dinamis, interaktif dan estetis untuk mempromosikandan memajang produk ‘Canister Magazine’ kepada komunitas subkultur.Melalui media alternatif tersebut pemberdayaan terhadap komunitas subkultur juga dapat dilakukan karena sifat media yang dinamis dapat mendatangi scene sekaligus berdiskusi secara produktif dengan harapan untuk dapat berkembang bersama.Tujuan perancangan ini adalah untuk mempromosikan ‘Canister Magazine’ melaluimedia alternatif bernama Street Mobile Display beserta merchandise-nya kepada komunitas subkultur sebagai upaya untuk memperkenalkan produk sekaligus melakukan pembedayaan secara produktif.

Metode perancangan yang dipilih yaitu metodePerancangan Komunikasi Visual Periklanan mulai dari latar belakang, rumusan dan tujuan masalah perancangan sampai desain final perancangan sebagai solusi permasalahan.Perancangan ini terdiri dari media utama yaitu :Street Mobile Display; merchandiseberupaT-Shirt, Trucker Cap, Notebook, Pin, Patch, Keychain dan Drawstring Bag; serta media pendukung seperti Promosi Sosial Media, X-Banner, Stiker, Poster dan Kemasan.Data perancangan ini diperoleh dari observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasimengenai ‘Canister Magazine’.

Perancangan Street Mobile Display dan Merchandise ‘Canister Magazine’ ini merupakan salah satu wujud solusi kreatif dan estetis terhadapkegiatan promosiyang kurang efektif.Street Mobile Displaybesertamerchandise-nyamerupakanmedia alternatif dalam upaya mempromosikan ‘Canister Magazine’ yang kurang dikenal oleh komunitas subkultur di Kota Malang.Sehingga komunitas subkultur akan mengenal dan berinteraksi secara produktif dengan ‘Canister Magazine’.Perangkat lunak yang dipakai antara lainGoogle Sketchup, Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Proses produksi Street Mobile Displayini melalui tiga tahap, yaitu pembuatan sketsa, pembuatan proyeksi produk yang akan dikonsultasikan terhadap visualizer dan produksi. Begitupun untuk merchandisemelaluitiga tahap yaitu Rough Layout, Comprehensive Layout dan Final Design. Hasil akhir dari proses produksi ini adalah sebuah Street Mobile Displaydan merchandise ‘Canister Magazine’ yang memiliki mobilitas serta dapat menata dan memajang produk secara menarik.

 

 

Kata Kunci: Visual Merchandising, Street Mobile Display, Komunitas Subkultur, Canister Magazine