Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN MERCHANDISE KIT MENGGUNAKAN PENDEKATAN IDE EKSPLOR RAGAM HIAS CORAK DAYAK NGAJU

sean elbert jeremiah

Abstrak


ABSTRAK

 

Perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan termasuk gaya hidup atau lifestyle. Budaya barat mendominan sehingga budaya Indonesia sendiri tenggelam dan mempengaruhi gaya hidup atau lifestyle anak-anak muda mulai dari cara berpakaian, maka dari itu corak dari dalam negeri merupakan solusi dari banyaknya budaya luar yang masuk ke Indonesia.

Manfaat perancangan ini dibedakan menjadi dua, yakni: (1) mengatasi masalah penerapan corak Dayak Ngaju pada merchandise kit dengan menggunakan ide eksplor, (2) memperkaya informasi dan kajian pustaka bagi penulis, kepustakaan jurusan, serta bagi generasi-generasi selanjutnya tentang perancangan merchandise kit dengan ide eksplor.

Model perancangan penelitian ini menggunakan model perancangan yang dikemukakan oleh Sadjiman.Model perancangan tersebut dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perancangan merchandise kit corak Dayak Ngaju.Model perancangan ini bersifat deskriptif, yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk.Secara umum, setelah dirumuskannya latar belakang masalah, diturunkan pada kajian data perancangan yang dibagi menajadi dua yakni data pustaka dan data lapangan.Dari data tersebut dianalisis dan disintesis yang dirumuskan menjadi data perancangan.Setelah itu dilanjutkan dengan konsep perancangan yang dibagi dua, yakni perancangan media dan perancangan kreatif.Dari perancangan ini divisualisasikan lalu dieksekusi untuk menjadi produk perancangan.

Media merchandise yang dirancang berupa T-shirt, jaket, sweater, tas, dan handphonecase. Dari setiap media merchandise yang dirancang menggunakan desain corak Dayak Ngaju yang terlebih dahulu sudah di cari tahu baik itu bentuk desain, ragamnya, dan arti dari corak itu sendiri.

Merchandise T-shirt atau kaos menggunakan ukuran M, L, dan XL dengan teknik cetak DTG dan cetak print serta menggunakan berbagai bahan kain, antara lain : combad 25s dan 30s;  carded. Merchandisejaket dan sweatermenggunakan ukuran L dengan teknik cetak sublime dan bahan sebagai berikut : jaket Hoodie catton fleece; sweater Bamboo 25s hitam dan dryfit. Merchandisetas ukuran 35x40 dengan bahan Fleece kombinasi dalam tas furing bahan dalam dan teknik cetak sublimeprinting. Handphone case dengan bahan hardcase dan menggunakan teknik cetak fullprint.

 

 

KATA KUNCI: Perancangan, Merchandise, Ide eksplor, Corak, Dayak Ngaju