Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengenalan Satwa Endemik Indonesia Melalui Komik Strip Webtoon “Satwati”.

shofyan maliki

Abstrak


ABSTRAK

 

Keanekaragaman hayati Indonesia adalah salah satu keunikan yang dimiliki Negara kita. Keanekaragaman hayati ini disebabkan oleh hasil evolusi yang sangat lama, sehingga melahirkan bermacam-macam makhluk hidup. Hasil evolusi tersebut mengakibatkan suatu fenomena yang bernama Endemik. Definisi dari endemik merupakan spesies alami yang mendiami suatu wilayah. Dalam kasusnya Endemik sangat terlihat pada satwa yang hidup di Indonesia.

Hal tersebut menjadikan satwa indonesia memiliki ciri khusus, bahkan tidak sama dengan satwa lain diberbagai negara. Karena keunikannya itulah yang membuat manusia melakukan berbagai cara untuk mendapatkan satwa tersebut. Perburuan liar yang dilakukan manusia dapat menyebabkan kepunahan satwa endemik Indonesia. Pentingnya pengawasan, sosialisasi, dan pengenalan satwa kepada masyarakat untuk tidak melakukan perburuan liar merupakan salah satu solusi. Namun, hal tersebut kurang efektif. Maka, dalam perancangan ini memberikan sebuah inovasi baru untuk mengenalkan satwa melalui komik strip Webtoon.

Model perancangan ini mengguakan model prosedural yaitu dimulai dari pengumpulan data, analisis data, konsep perancangan media dan visualisasi media. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi media, wawancara, dan pustaka.

Perancangan ini menghasilkan media utama berupa komik strip webtoon, sticker line dan beserta media pelengkap seperti poster, X-Banner, T-shirt, tumbler, gantungan kunci guna mendukung aktivitas promosi media utama.

 

Saran yang dapat diberikan adalah seharusnya kemajuan teknologi juga dimanfaatkan untuk mengembangkan bakat melalui komik dan memberikan suatu sajian yang mendidik bukan hanya profokasi ataupun sesuatu yang berisi hal buruk.