Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Proses dan Hasil Keramik Souvenir Suatmaji Karangmloko Junrejo Batu.

INDRA KURNIAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan, Indra. 2016. Studi Proses dan Hasil Keramik Souvenir Suatmaji Karangmloko Junrejo Batu. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Hj. Purwatiningsih, M.Pd

 

Kata Kunci:Keramik, Souvenir, Desain Produk, Suatmaji

Industri keramik Suatmaji merupakan salah satu industri keramik di Kota Batu yang berlokasi di Karangmloko, Junrejo Kota Batu. Produk keramik Suatmaji diproduksi dalam jumlah besar selain itu kerami kini memiliki keunikan bentuk, fungsi dan dekorasi, Proses pembuatanya juga produk yang di hasilkan berbeda dengan industri keramik lainya. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengkaji dalam sebuah penelitian.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan keramik souvenir Suatmaji,pengolahan bahan,pembentukan, dekorasi sampai pembakaran, serta produk keramik yang dihasilkan Industri Keramik Suatmaji,.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah penanggung jawab industri,karyawan, dan produk keramik Suatmaji. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Tahap analisis data dimulai dari tahap reduksi, paparan dan penarikan kesimpulan. Kemudian dilakukan trianggulasi data untuk menjaga keabsahan data.

Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Proses pembentukan keramik souvenir adalah persiapan bahan, bahan yang digunakan massa, kaolin, waterglass yang diolah menggunakan ball mill(mesin molen). pembentukan dengan teknik cetak tuang, dekorasi menggunakan teknik painting (sapuan kuas), embosing dan glasir. Dan tungku modern (oven) dengan kereta dorong digunakan dalam pembakaran  (2), produk yang dihasilkan adalah vas hias, moci atau teko, guci kecil, vas mangkuk dan keramik souvenir berbentuk alam binatang seperti burung, ular, kelinci dan lainya. Produk keramik Suatmaji yangdihasilkan memiliki variasi bentuk dan dekorasi. Desain strukturalnya berbentukgeometrik yaitu bulat, oval, tabung dan silinder dan alam binatang. Bentuk ini digunakan untukmendukung fungsi, sebagai benda hias dan benda fungsional. Bentuk dekorasi bermotif geometrik, non geometrik, alam tumbuhan, alam binatang. 

 

Proses pembuatan dan hasil produk memiliki perbedaan dengan sentra industri yang ada di kota malang seperti industri di Dinoyo dan Betek Penanggungan. Perbedaan itu seperti proses pembuatan, pembakaran, hasil produk, dan fungsi dari produk keramik. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada industri keramik Suatmaji agar selalu menghasilkan desain-desain yang baru dan juga dalam proses dekorasi sebaiknya juga menggunakan teknik pilin, tempel agar dekorasi dariproduk keramik Suatmaji lebih kaya lagi dan lebih bervariasi.