Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Animasi 2D Tentang Manfaat Kesehatan dari Air Buah Lemon

Derra Duartitasari Hanidhar

Abstrak


ABSTRAK

 

Duartitasari,

Derra, 2017. PerancanganAnimasi 2 DimensiTentangManfaatKesehatandari Air Buah Lemon. TugasAkhir, JurusanSenidanDesain, Fakultas Sastra, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing I Joko Samudro S. Kom M. T danPembimbing II MitraIstiarWardhana, S. Kom, M. T.

Kata Kunci: Perancangan, Animasi 2D,Anak - anak

Alam Indonesia sangat kaya akanhasilpertanian, hampirsemuatumbuhan, sayur, hinggabuah- buahanmamputumbuhberkembang di iklimdankondisicuaca di Indonesia.Sayangnyapenyebaranpengetahuantentangmanfaatkekayaanbotani Indonesia kepadamasyarakatmasihsangatkurang. Film animasi yang menarikperhatianmasyarakat Indonesia merupakansarana yang tepatuntukmenyebarkanpengetahuantentangkekayaanbotani Indonesia, terutamapengetahuantentangmanfaatbagimanusiasaathasilalamtersebutdikonsumsi.Namun, denganbanyaknyakekayaanbotani yang ada di Indonesia membuatpenulistidakmampumembuatsemuanyamenjadi film animasidanmemilihmemfokuskanpadabuah lemon danmanfaatnya.

Proses perancangan film animasimengikutiprosedurperancangandenganalurkerjadalamperancangananimasi 2 dimensitentangmanfaatkesehatandari air buah lemoninimelaluitigatahapanyaitu: (1) tahappra – produksiataupersiapanmeliputi proses pengumpulan data, analisa data, danmerancangkonsepdesain; (2) tahapproduksiataupelaksanaanmeliputi proses animating, editing, dan rendering; (3) tahappascaproduksiataupenyelesaianmeliputi proses packaging

 

Perancanganinimenghasilkansebuahanimasi 2 dimensidengan format mp4 berdurasikuranglebih 4 menit, yang bertujuanuntukmengedukasikepadamasyarakat.Mengingat saat ini merupakan era digital, akan efektif bila informasi yang akan kita sampaikan juga berbentuk digital, karena informasi digital dapat diakses dengan mudah di era yang serba digital seperti sekarang ini. Penulisberharap agar perancanganinibermanfaat, baikbagimindset seiapindividumaupunsebagaireferensikesehatan, dandesainanimasiitusendiri.