Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Film Pendek Animasi 3D Tentang Pendidikan Toleransi Dalam Multikultural Bangsa Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar

Siti Khotimatul Ukhro

Abstrak


ABSTRAK

 

Indonesia adalah negara multikultural yang memiliki adat istiadat, etnis, agama, seni dan budaya yang beraneka ragam. Sehingga Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tungga Ika, yang artinya berbeda-beda namun tetapi tetap satu. Perbedaan yang ada pada masyarakat tidak perlu dihapuskan, masyarakat hanya perlu memaklumi perbedaan, memahami arti toleransi dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembentukan kesadaran pada masyarakat agar memiliki sikap toleransi memang tidak mudah. Oleh karena itu, perlu upaya yang kuat dan berkelanjutan atau ke-istiqomah-an dalam melakukannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengajarkan pendidikan toleransi untuk anak sekolah dasar.Mengajarkan pendidikan toleransi kepada anak juga harus dilakukan secara profesional agar hasilnya lebih maksimal. Selain tenaga pendidik yang berkompeten, diperlukan pula media yang dapat membantu memudahkan tenaga pendidik untuk menyampaikan pesan kepada anak-anak. Adapun media pembelajaran yang dapat memotivasi anak-anak dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan media pembelajaran film animasi. Animasi 3D adalah jenis animasi yang populer di kalangan masyarakat saat ini dan sering ditampilkan di channel televisi maupun internet.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu memudahkan tenaga pendidik untuk menyampaikan pesan pendidikan toleransi dalam multikultural bangsa Indonesia untuk anak sekolah dasar melalui film pendek animasi 3D.

Model yang digunakan dalam perancangan film pendek animasi 3D ini yaitu prosedural deskriptif dengan memaparkan tahapan yang dilakukan dalam proses pembuatan film animasi 3D. Data yang digunakan yaitu data primer dan skunder. Data primer diperoleh dari hasil angket atau kuisioner dan observasi. Sedangkan data skunder diperoleh melalui kajian pustaka terhadap sumber-sumber tertulis. Produk yang dihasilkan dalam perancangan ini berupafilm pendek animasi 3D yang berjudul “Bersama dalam Perbedaan”, bercerita tentang persahabatan lima anak yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari suku, agama, ras dan budaya. Namun mereka tetap menerima perbedaan serta menghargai satu sama lain.

 

Dari uraian di atas saran penggunaan yang dapat diberikan yaitu dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Saran pembuatan yang diberikan yaitu bekerja sama dengan pihak sponsor, ahli bahasa, dan ahli materi, dan ahli dalam bidang teknis untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik.