Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN ANIMASI 2 DIMENSI TENTANG MPASI UNTUK BAYI USIA 6 BULAN KE ATAS

Nyomi Agung Rianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Rianti, Nyomi Agung. 2017. Perancangan Animasi 2 Dimensi Tentang MPASI Untuk Bayi Usia 6 Bulan Ke Atas. Tugas Akhir, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang: (I) Joko Samodra, S.Kom, M.T., (II) Mitra Istiar Wardhana, S.Kom, M.T

 

Kata kunci : Perancangan, Animasi, MPASI, Bayi

ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi yang nutrisinya tidak dapat digantikan oleh makanan lain. Banyak media dan pihak yang menggencarkan tentang ASI, bahkan pemerintah mengeluarkan undang-undang untuk mendukung ASI eksklusif. Namun kebutuhan bayi semakin bertambah seiring bertambahnya usia, sehingga ASI tidak dapat lagi mencukupi kebutuhan dari bayi oleh karena itu MPASI merupakan kebutuhan yang tidak kalah penting dari ASI. Makanan pendamping asi diberikan bertahap sesuai usia umur bayi dan disesuaikan dengan kemampuan oromotor bayi itu sendiri.

Alur kerja dalam perancangan animasi 2 dimensi ini melalui 3 tahapan, yaitu tahap (I) pra produksi yang meliputi proses pengumpulan data, analisa data, dan merancang konsep desain; (II) tahap produksi meliputi proses animating, editing dan rendering; (III) tahap pasca produksi meliputi proses packaging.

Hasil perancangan ini berupa media utama dan media pendukung. Media utama berupa animasi 2 dimensi tentang MPASI untuk bayi usia 6 bulan ke atas yang berdurasi sekitar 4 menit. Media pendukung merupakan packaging dari media utama yang berupa label DVD, cover DVD dan stiker. Kesimpulan setelah melalukan perancangan ini adalah dalam pembuatan animasi diperlukan kemampuan dan ketelatenan dalam pengerjaannya dan disarankan memperluas wawasan dan referensi agar dapat menghasilkan produk yang lebih unik, menarik dan bermanfaat.