Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Animasi 2 Dimensi tentang Kekerasan Seksual Terhadap Anak sebagai Upaya Menumbuhkan Pengetahuan Pendidikan Seks Sejak Dini

Zohan Nur Muchlis

Abstrak


ABSTRAK

 

Muchlis, Zohan Nur. 2017. Perancangan Animasi 2 Dimensi tentang Kekerasan Seksual Terhadap Anak sebagai Upaya Menumbuhkan Pengetahuan Pendidikan Seks Sejak Dini. Tugas Akhir, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang: (I) Andy Pramono, S. Kom, M.T.

 

Kata Kunci: Kekerasan Anak, Pendidikan Seks Sejak Dini, Animasi

Kekerasan seksual pada anak di Indonesia semakin marak terjadi. Berdasarkan data statistik yang telah dihimpun oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dalam kurun waktu 2010 s.d. 2012 terjadi tindak kekerasan terhadap anak sebanyak 7302 kasus, dan lebih dari 50% diantaranya adalah tindak kekerasan seksual terhadap anak. Ironisnya, kekerasan seksual pada anak banyak terjadi dari dalam lingkungan sosial dan lingkup keluarga yang mana seharusnya menjadi tempat anak mendapatkan jaminan perlindungan. Kurangnya pengetahuan masyarakat terutama orang tua mengenai pentingnya menjaga anak, gaya mendidik anak yang efisien, serta menumbuh pengetahuan pendidikan seks sejak dini menjadi masalah yang coba diangkat penulis. Sehingga penulis akan merancang animasi 2 dimensi tentang kekerasan seksual pada anak sebagai upaya memberikan salah satu solusi untuk upaya menekan terjadinya kasus kekerasan seksual pada anak di Indonesia

Proses perancangan animasi 2 dimensi ini melalui 3 tahapan proses yakni: (1) pra-produksi meliputi proses pengumpulan data, analisa data, dan konsep desain; (2) produksi meliputi proses animating, dubbing, dan compositing, (3) paska produksi meliputi proses editing, rendering, dan packaging.

Hasil dari tahapan proses perancangan yang penulis lakukan diatas adalah animasi 2 dimensi berbentuk series dengan total 5 episode yang masing-masing berdurasi 1 menit sebagai media utama. Sedangkan media pendukung dari animasi 2 dimensi ini adalah media publikasi online berupa facebook cover, youtube background, dan website.